Bobby: APBD harus Bersifat Antisipatif terhadap Tantangan Internal dan Eksternal

FTNews, Medan— Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan, masalah dan tantangan pembangunan kota semakin berat dan kompleks, selalu dipengaruhi kondisi perekonomian global, nasional, dan regional.

Karenanya, ujar Bobby, APBD yang ditetapkan harus bersifat antisipatif, khususnya terhadap berbagai tantangan internal dan eksternal yang ada. Antara lain, menjaga dan mengendalikan inflasi, membina dan mengembangkan perekonomian masyarakat khususnya UMKM, mengembangkan iklim investasi, termasuk percepatan pembangunan infrastruktur perkotaan.

Hal itu disampaikan Bobby dalam Sidang Paripurna DPRD Kota Medan, dilansir pemko.medan. Dalam kesempatan itu juga dilakukan Penandatangan Nota Kesepakatan yang dilakukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Ketua DPRD Medan, Hasyim.

Pemko Medan dan DPRD Kota Medan menyepakati Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan Tahun Anggaran 2024.

Penandatangan itu juga turut disaksikan Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, Pj Sekda Kota Medan, Topan Obaja Putra Ginting, wakil ketua dan anggota DPRD Medan, pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan serta camat se-Kota Medan.

Dalam sidang paripurna tersebut terungkap hasil pembahasan dan kesepakatan bersama tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2024, yakni pendapatan daerah sebesar Rp7,12 triliun, belanja daerah Rp7,19 triliun, dan pembiayaan netto sebesar Rp68,6 miliar.

Bobby Nasution menyampaikan apresiasi terhadap pembahasan KUA dan PPAS APBD Perubahan TA 2024 yang relatif tepat waktu. Dengan demikian, Pemko Medan dapat segera menyampaikan Nota Pengantar Perubahan APBD TA 2024, sekaligus melakukan pembahasan dan persetujuan bersama nantinya, sehingga nantinya APBD Perubahan TA 2024 tepat waktu.

“Hal ini tentunya akan menjadikan pelaksanaan APBD Perubahan juga memiliki waktu yang relatif cukup untuk dapat dilaksanakan secara optimal, sehingga hasil dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat,” ucap Bobby.***

BACA JUGA:   Meresahkan, Pelaku Jambret Kalung Emas Wanita di Medan Berakhir Diamuk Massa

 

Artikel Terkait