Bos Lion Air Rusdi Kirana Ditunjuk Jadi Wakil Ketua MPR

FT News – Ketua Fraksi PKB di DPR, Jazilul Fawaid membenarkan menunjuk bos Lion Air sekaligus Wakil Ketua Umum PKB, Rusdi Kirana menjadi Wakil Ketua MPR.

“Nanti akan disampaikan secara resmi dalam paripurna MPR untuk ditetapkan dan dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI,” tutur Jazilul Fawaid, Rabu (2/10).

Dalam kesempatan terpisah, Partai Gerindra mengusulkan Ahmad Muzani jadi Ketua MPR. Kemudian PKS mengusulkan Hidayat Nur Wahid menjadi Wakil Ketua MPR, NasDem mengusulkan Lestari Moerdijat menjadi Wakil Ketua MPR sedangkan Partai Golkar mempertimbangkan Kahar Muzakir menjadi Wakil Ketua MPR.

Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul ditunjuk oleh Fraksi PDIP untuk menjadi Wakil Ketua MPR. (Foto: Ist)

Sementara itu, Fraksi PDIP di MPR mengusulkan nama Bambang Wuryanto atau yang akrab dipanggil Bambang Pacul sebagai Wakil Ketua MPR periode 2024-2029.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Fraksi PDIP di MPR, Ahmad Basarah usai rapat Gabungan Fraksi-Fraksi, Rabu (2/10) malam.

“Saatnya beliau hijrah ke lembaga MPR menjadi Wakil Ketua MPR. Nama tokoh senior partai itu adalah Insinyur Bambang Wuryanto,” ucap Ahmad Basarah.

Bambang Pacul adalah Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Legislatif. Pada periode sebelumnya, ia ditunjuk sebagai Ketua Komisi III DPR yang membidangi masalah hukum dan keamanan.

Eddy Soeparno ditunjuk Fraksi PAN menjadi Wakil Ketua MPR. (Foto: Ist)

Ahmad Basarah mengatakan penunjukan Bambang Pacul sebagai Wakil Ketua MPR sebagai pergantian tugas. Menurutnya, Bambang Pacul merupakan kader senior PDIP yang telah lebih dari 20 tahun aktif di DPR.

Beberapa nama pimpinan MPR akan ditetapkan dalam Rapat Parpurna yang akan digelar Kamis (3/10) hari ini. Pada posisi Ketua MPR, fraksi-fraksi telah menyepakati Sekjen Gerindra Ahmad Muzani sebagai ketua untuk lima tahun ke depan.

Selain itu, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan PAN mengajukan Eddy Soeparno sebagai wakil ketua MPR 2024-2029.

BACA JUGA:   Menjemput Bahagia Bersama BPJS Ketenagakerjaan

Eddy Soeparno merupakan Wakil Ketua Umum DPP PAN 2024-2029. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR pada periode 2019-2024.

Sebanyak 732 anggota MPR periode 2024-2029 secara resmi dilantik dalam Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Jabatan di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10).

Anggota MPR RI yang dilantik terdiri dari 580 anggota DPR dan 152 anggota DPD RI. DPR telah menentukan pimpinan yaitu Puan Maharani. Didampingi Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Saan Mustapa dan Cucun Syamsurizal sebagai wakilnya.

Kemudian, DPD juga telah menentukan Sultan Najamudin sebagai Ketua. Sultan Najamudin mendapatkan posisi Ketua setelah memenangkan pertarungan melawan calon petahana La Nyalla Mattalitti.

 

Artikel Terkait