Breaking News! Detik-detik Pesawat Jatuh di Brasil, 61 Orang Tewas

FT News – Kecelakaan pesawat terjadi di Brasil. Sebuah pesawat jenis ATR 72-500 buatan Prancis terjatuh di negara bagian Sao Paulo, Brasil pada Jumat 9 Agustus 2024 waktu setempat.

Kecelakaan tragis ini mengakibatkan 61 orang penumpang termasuk kru pesawat meninggal dunia. Diketahui pesawat nahas tersebut merupakan milik maskapai penerbangan Voepass.

Dilansir dari AFP, pesawat jatuh di kota Vinhedo, Sao Paulo, Brasil saat sedang dalam perjalanan menuju ke Guarulhos Sao Paulo.

@7newsaustralia

A passenger plane has crashed in a residential area in Brazil, killing all 61 passengers on board. #Brazil #SaoPaulo #planecrash #7NEWS

♬ original sound – 7NEWS Australia

Pihak angkatan udara Brasil dalam pernyataan resmi menyebutkan bahwa pilot pesawat Voepass masih melakukan komunikasi dengan menara pengawas sekitar pukul 13:20 waktu setempat.

Namun setelah itu, pilot tidak lagi melakukan komunikasi dengan petugas menara pengawas. Petugas menurut Angkatan Udara Brasil juga tidak menyatakan keadaan darurat.

Sementara di radar pengawas terlihat bahwa pesawat nahas itu hilang kontak pada pukul 13:22 waktu setempat.

Menurut maskapai Voepass, penerbangan tersebut awalnya lepas landas dari Cascavel pada pukul 11:46.

Pesawat jenis ATR 72-500 buatan Prancis terjatuh di negara bagian Sao Paulo, Brasil pada Jumat 9 Agustus 2024 waktu setempat [Tangkap layar X]

Sementara itu, di platform sosial media beredar banyak video rekaman warga setempat saat pesawat nahas itu terlihat berputar-putar di ketinggian dan jatuh ke ke bawah.

Dalam rekaman itu, terlihat kondisi pesawat seperti tidak ada daya dan terus berputar menuju ke tanah.

Dari laporan media lokal disebutkan bahwa pesawat mengalami penurunan vertikal mencapai titik maksimal 24.000 kaki per menit atau 10 kali lipat kecepatan penurunan normal.

Pesawat kemudian jatuh di Vinhedo, 50 mil barat laut kota Sao Paulo, Brasil.

Artikel Terkait