Bukan Argentina, Ini Tinggal Paus Fransiskus Jika Pensiun

Forumterkininews.id, Roma – Paus Fransiskus mengatakan dia tidak akan tinggal di Vatikan atau kembali ke Argentina, negara asalnya, jika dia telah pensiun. Ia menyebut lebih suka mencari gereja di Roma di mana dia bisa terus mendengarkan pengakuan dosa.

Berbicara kepada penyiar berbahasa Spanyol Televisa Univision, Paus membantah dia berencana untuk pensiun dalam waktu dekat. Tetapi menurutnya pintu untuk pensiun tetap terbuka.

Fransiskus mengatakan dia juga akan mengundurkan diri jika waktunya tepat. Dirinya juga mempertimbangkan untuk tinggal di Basilika Santo Yohanes Lateran. Dimana kawasan ini merupakan tempat kedudukan tradisional uskup Roma.

Dia menambahkan memiliki sebuah apartemen di Buenos Aires di mana dia dapat terus mendengarkan pengakuan dosa di gereja terdekat dan mengunjungi orang sakit di rumah sakit.

“Inilah yang saya pikirkan untuk Buenos Aires. Saya pikir skenario ini, jika saya bertahan sampai pengunduran diri – mungkin saya akan mati sebelum  saya ingin sesuatu seperti ini,”ujarnya.

Seperti diketahui, Paus Benediktus XVI mengundurkan diri pada tahun 2013, menjadi paus pertama yang melakukannya dalam 600 tahun. Dia telah tinggal di sebuah biara di Kota Vatikan sejak saat itu.

Artikel Terkait