Buntut Invasi, Rusia Stop Pasokan Gas ke Polandia dan Bulgaria

Forumterkininews.id, Moskow – Raksasa energi Rusia Gazprom akan menghentikan pasikan kepada Polandia dan Bulgaria Rabu (27/4). Hal itu merupakan buntut perselisihan Rusia yang lebih luas dengan Barat atas invasinya ke Ukraina.

Polandia dan Bulgaria menjadi negara pertama yang gasnya dipotong oleh pemasok utama Eropa. Hal ini terjadi sejak Kremlin. memulai invasinya di Ukraina pada 24 Februari. Keputusan untuk memotong pasokan gas juga mengikuti sanksi yang dijatuhkan oleh Warsawa terhadap individu dan perusahaan Rusia.

Melansir Reuters, Presiden Rusia Vladimir Putin telah menuntut agar negara-negara yang dia sebut “tidak bersahabat” menyetujui skema di mana mereka akan membuka rekening di Gazprombank dan melakukan pembayaran untuk impor gas Rusia dalam euro atau dolar yang akan dikonversi menjadi rubel.

Pekan lalu, Komisi Eropa mengatakan perusahaan Uni Eropa mungkin dapat mengatasi permintaan Rusia untuk menerima pembayaran gas dalam rubel tanpa melanggar sanksi jika mereka membayar dalam euro atau dolar yang kemudian dikonversi ke mata uang Rusia.

Polandia adalah lawan politik yang gigih dari Moskow. Perusahaan gas Polandia PGNiG, yang kesepakatan gasnya dengan Rusia berakhir pada akhir tahun ini mengatakan tidak akan mematuhi skema pembayaran baru. Pihakny juga tidak akan memperpanjang kontrak.

Itu juga tidak memperpanjang kesepakatan transit gas dengan Gazprom pada tahun 2020. Sejak itu, penyedia gas Rusia harus mengambil bagian dalam lelang untuk kapasitas pipa melalui pipa Yamal-Eropa dari Belarus ke Polandia.

Artikel Terkait