Buntut Tabrakan Kereta Maut, Menteri Transportasi Yunani Mundur

Forumterkininews.id, Athena- Menteri Transportasi Yunani Kostas Karamanlis telah mengundurkan diri. Hal ini setelah sedikitnya 36 orang tewas dan 85 lainnya luka-luka dalam tabrakan kereta di negara itu.

Melansir Aljazeera, pengunduruan diri itu juga datang karena ia merasa itu adalah tugasnya untuk memastikan keselamatan transportasi di Yunani.

“Rasa sakitnya tak terkatakan. Ketika sesuatu yang begitu tragis terjadi, tidak mungkin untuk melanjutkan seolah-olah tidak terjadi apa-apa,”kata Karamanlis.

“Saya menganggapnya sebagai elemen penting dari demokrasi kita bahwa warga negara kita mempercayai sistem politik. Ini disebut tanggung jawab politik.”imbuhnya.

Sedikitnya 66 orang terluka dalam kecelakaan itu, termasuk enam dalam perawatan intensif, sementara sekitar 250 penumpang, beberapa dengan luka ringan, dievakuasi dengan aman dengan bus ke Thessaloniki, sekitar 130 km (80 mil) jauhnya.

Kecelakaan pada Selasa malam itu disebut sebagai kecelakaan kereta api terburuk di Yunani dalam beberapa dasawarsa, terjadi karena kedua kereta tersebut dilaporkan berjalan di jalur yang sama dengan arah berlawanan.

Banyak dari mereka yang berada di kereta penumpang adalah siswa yang kembali setelah liburan akhir pekan yang panjang di Yunani.

Para korban yang berbicara kepada media Yunani mengatakan dampak tabrakan itu begitu kuat sehingga membuat beberapa penumpang terlempar ke luar jendela. Bahkan tim penyelamat menemukan jenazah korban sejauh 40 meter dari rel kereta api.

Artikel Terkait