Capres Prancis Macron dan Le Pen Terlibat Debat Panas Saat Bicarakan Rusia

Forumterkininews.id, Paris – Presiden Prancis Emmanuel Macron dan lawannya dari sayap kanan Marine Le Pen, terlibat bentrok sengit saat menggelar debat terbuka calon Presiden Prancis pada Rabu (20/4).

Suasana debat yang awalnya berjalan normal mendadak panas saat keduanya membahas isu Rusia dan jilbab. Macron berulang kali berusaha untuk menjatuhkan Le Pen dengan pernyataannya.

Dengan invasi Rusia ke Ukraina yang membayangi kampanye tersebut. Macron dengan marah memusatkan perhatian pada pinjaman yang diambil partai Le Pen dari bank Ceko-Rusia menjelang kampanye pemilihannya tahun 2017.

“Anda bergantung pada pemerintah Rusia dan anda bergantung pada Presiden Rusia Vladimir Putin. Ketika anda berbicara dengan Rusia, Anda berbicara dengan bankir Anda,” kata Macron dalam debat yang disiarkan langsung di TV, dikutip CNA.

Macron juga merujuk pada pengakuan masa lalu Le Pen terhadap pencaplokan Rusia atas semenanjung Krimea pada tahun 2014. “Kenapa kamu melakukan ini?” tanya Macron.

Le Pen menjawab bahwa dia adalah seorang wanita yang benar-benar bebas, dengan alasan bahwa partainya hanya mengambil pinjaman itu karena tidak dapat menemukan pembiayaan di Prancis. Di mana bank menolak untuk meminjamkan kepadanya. 

Suasana memuncak begitu eksplosif ketika Le Pen menegaskan bahwa dia berpegang teguh pada kebijakan kontroversialnya yang melarang pemakaian jilbab wanita di depan umum, menggambarkannya sebagai seragam yang dikenakan oleh kaum Islamis.

“Anda akan menyebabkan perang saudara jika anda melakukan itu. Saya mengatakan ini dengan tulus.” tandas Macron.

Dia juga bersumpah mengakhiri imigrasi besar-besaran ke Prancis. Menurutnya hal tesebut memperburuk keadaan. Sebab dampak dari imigran ilegal adalah terjadinya kejahatan di seluruh negeri. 

Baca Juga : Kabinet Prancis Ancam Bubar Jika Macron Terpilih Lagi


Artikel Terkait