Chand Raat, Malam Takbiran ala Muslim Asia Selatan

Forumterkininews.id, Mumbai- Jika di Indonesia menyebut malam sebelum Idul Fitri dengan istilah “Takbiran”, maka muslim di belahan bumi Asia Selatan biasa menyebutnya dengan Chand Raat.

Melansir Hindustan Times, Chand Raat adalah istilah yang digunakan dalam budaya Asia Selatan, khususnya di India, Pakistan dan Bangladesh, untuk menyebut malam sebelum Idul Fitri atau Idul Adha.

Dimana  “Chand” berarti bulan dan “Raat” berarti malam dalam bahasa Urdu, jadi istilah ini mengacu pada malam ketika umat Islam melihat bulan sabit atau bulan baru, menandakan akhir bulan Ramadhan atau bulan Zul-Hijjah.

Baca Juga : Paskah dan Ramadhan, PBB Serukan Dunia Bersatu dalam Damai

Chand Raat adalah malam yang meriah di mana orang pergi berbelanja pakaian baru, gelang dan barang-barang lainnya untuk dikenakan pada hari Idul Fitri karena pasar biasanya ramai dengan aktivitas.

Biasanya, muslim di Asia Selatan merayakan Chand Raat dengan makan manisan, bertukar hadiah dan saling memberi ucapan Idul Fitri.

Malam meriah chand raat lalu diikuti dengan perayaan Idul Fitri di pagi hari.

Muslim India dan negara-negara Asia Selatan lainnya akan bersiap untuk melihat bulan sabit pada hari ini, Jumat (21/4) setelah berbuka puasa Ramadhan di maghrib atau malam hari.

Jika bulan sabit terlihat, chaand raat akan terjadi pada Jumat malam yang menandai dimulainya bulan Islam Syawal dan hari raya Idul Fitri akan dirayakan keesokan harinya yaitu 22 April 2023.

Jika tidak, umat Islam di India dan negara Asia Selatan lainnya akan tetap berpuasa pada hari Jumat dan Idul Fitri akan dirayakan pada hari Minggu yaitu 23 April 2023.

Artikel Terkait