China Akan Kirim 1 Miliar Dosis Vaksin ke Afrika

Forumterkininews.id, Beijing– Pemerintah China akan mengirim 1 miliar dosis vaksi Covid-19 ke Afrika. Hal ini dikatakan Presiden China Xi Jinping, Senin (29/11).

Presiden China mengatakan, selain mengirim vaksin pihaknya akan berinvestasi di Afrika selama tiga tahun.

Melansir Reuters, China sebelumnya, telah memasok 200 juta dosis ke Afrika, di mana tingkat vaksinasi negara itu sangat rendah. Padahal penyebaran varian baru virus corona Omicron pertama kali diidentifikasi di Afrika selatan.

Xi mengatakan 600 juta dosis akan menjadi sumbangan dan 400 juta dosis akan diberikan melalui cara lain seperti produksi bersama oleh perusahaan China dan negara-negara Afrika yang relevan.

China juga akan membangun 10 proyek kesehatan di Afrika dan mengirim 1.500 ahli kesehatan.

Dalam pidato melalui tautan video pada pembukaan Forum Kerja Sama China-Afrika, Xi mengatakan, pusat yuan lintas batas China-Afrika didirikan untuk memberi lembaga keuangan Afrika batas kredit sebesar US$10 miliar (sekitar Rp143 triliun).

“China akan memberikan US$10 miliar pembiayaan perdagangan untuk mendukung ekspor Afrika, menciptakan zona perdagangan dan kerja sama ekonomi serta membangun kawasan industri China-Afrika,” katanya.

Sementara itu, banyak negara di dunia kini berlomba mempercepat target vaksinasi. Apalagi pasca munculnya varian Omicron Covid-19. Varian ini diyakini bersumber dari Afrika.

Artikel Terkait

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...

Viral Pendaki Gunung Rekam Detik-detik Dirinya Terperosot Saat Mendaki Gunung

FT News - Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan...

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Dukung Palestina dalam Demonstrasi di Stockholm

FT News - Aktivis lingkungan kondang asal Swedia, Greta Thunberg,...