China Deteksi Kasus Flu Burung H3N8 Pertama pada Manusia

Forumterkininews.id, Beijing – China telah mengkonfirmasi kasus flu burung H3N8 pertama pada manusia. Namun otoritas kesehatan mengatakan resiko penularan dari virus flu burung terbilang rendah.

Komisi Kesehatan Nasional China pada Selasa (26/4) mengatakan seorang anak laki-laki berusia empat tahun yang tinggal di provinsi Henan tengah dinyatakan positif mengidap virus H3N8. Hal ini diketahui setelah dirinya menjalani perawatan di rumah sakit awal bulan ini. Gejala yang diperlihatkan adalah demam.

Keluarga anak laki-laki itu diketahui  memelihara ayam di rumah dan tinggal di daerah yang dihuni bebek liar. Bocah itu terinfeksi langsung oleh burung dan strain itu tidak ditemukan memiliki kemampuan untuk menginfeksi manusia secara efektif.

Melansir CNA. kasus pada bocah itu diketahui merupakan transmisi lintas spesies satu kali. Dan risiko penularan skala besar rendah. Bahkan masyarakat diperingatkan untuk tetap menjauh dari unggas yang mati atau sakit dan mencari pengobatan segera untuk gejala demam atau pernapasan.

H3N8 diketahui telah beredar sejak 2002 setelah pertama kali muncul di unggas air Amerika Utara. Dan diketahui menginfeksi kuda, anjing dan anjing laut, tetapi sebelumnya belum pernah terdeteksi pada manusia.

Artikel Terkait