Cuaca Buruk, Delapan Kota di China Hentikan Operasional Kereta

Forumterkininews.id, Jakarta – Departemen Meteorologi Provinsi Liaoning mengeluarkan peringatan darurat hujan lebat level IV. Departemen tersebut memperkirakan wilayah timurlaut daratan Tiongkok itu bakal diguyur hujan deras disertai petir mulai Senin (27/6) hingga Selasa.

Akibatnya delapan kota di Provinsi Liaoning, China, menangguhkan operasional 44 jadwal perjalanan kereta api penumpang. Curah hujan hingga 200 milimeter diperkirakan turun dari wilayah selatan ke utara. Sehingga dapat memicu terjadinya berbagai bencana, seperti tanah longsor dan banjir bandang, demikian otoritas meteorologi setempat dikutip media penyiaran China melalui Antara.

SAR dan instansi pemadam kebakaran lokal telah mempersiapkan 116 titik siaga di daerah rawan banjir. 1000 personel dikerahkan, termasuk 250 unit kendaraan bermotor, dan 150 unit perahu.

Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah China dalam beberapa hari terakhir telah mengakibatkan banjir, tanah longsor. Pemerintah telah melakukan evakuasi warga dari lokasi bencana. Namun dikhawatirkan kondisi ini masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Pusat Meteorologi Nasional China telah memperbarui tanda peringatan menjadi kuning pada Minggu (26/6) dalam menghadapi ancaman cuaca buruk termasuk badai petir dan hujan deras sekaligus menyarankan otoritas di daerah bersiap siaga.

China menetapkan empat tingkat sistem peringatan cuaca, yakni warna merah yang berarti tingkat kewaspadaan sangat tinggi, diikuti oranye, kuning, dan biru. Jika pemerintah sudah mengeluarkan peringatan ke IV berarti ancaman bencana cukup nyata. Warga diminta bersiap untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.

Artikel Terkait

Ingin Bongkar Bobroknya P Diddy, Rapper 50 Cent Siap Buatkan Docuseries

FT News - Rapper, penyanyi, penulis lagu, produser rekaman asal...

Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

FT News – Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn resmi mengesahkan...

Ekonomi Melambat, Gen Z China Tinggalkan Brand Mewah

FT News – Gen Z di China meninggalkan merek-merek...