Bukan Cuma Wanita, Pria Juga Harus Rajin Cuci Muka

Forumterkininews.id, Jakarta – Pria kerap kali tidak mau ambil pusing dengan perawatan wajah. Padahal, ini bisa membuat wajah mengalami permasalahan, seperti kulit kering, berjerawat dan komedo.

Dikatakan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Pandu Pradana Sp.KK, pria harus rajin cuci muka dan memakai sunscreen agar mendapatkan kulit yang sehat dan terhindar dari segala macam permasalahan kulit.

“Intinya perawatan standar cuci muka, menjaga kelembaban kulit dengan pelembab dan pakai sunscreen (tabir surya),” ucap Pandu di Jakarta dikutip Antara, Minggu (1/10).

Mencuci muka merupakan perawatan dasar untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak di wajah. Ketika cuci muka, sebaiknya menunggu sabun khusus yang disesuaikan dengan kulit.

Selanjutnya, pria bisa menggunakan tabir surya pada wajah untuk menghambat proses penuaan. Selain itu, menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan untuk cegah kanker kulit.

“Menggunakan tabir surya bukan hanya menghambat proses aging,masalah kulit paling fatal adalah kanker kulit,” jelas Pandu.

Pemilihan tabir surya yang tepat, kata Pandu, harus memperhatikan kandungan sun protection factor atau SPF. Selain itu, pilihkan tabir surya yang dapat memproteksi pada UV A dan UV B untuk cegah penuaan dan kulit terbakar.

Sementara itu, untuk negara tropis seperti Indonesia sendiri, SPF 30 cukup untuk melindungi kulit sedangkan untuk negara dengan penduduk berkulit lebih putih, perlu memakai SPF yang lebih tinggi yaitu diatas 50.

Artikel Terkait