Delapan Januari Mendatang, China Buka Pos Perbatasan dengan Hong Kong

Forumterkininews.id, Beijing- China dilaporkan secara bertahap akan membuka kembali pos pemeriksaan perbatasan dengan Hong Kong mulai Minggu (8/1) mendatang.

Kantor Urusan Hong Kong dan Makau menyebut langkah-langkah lain termasuk China yang akan membatalkan batas kapasitas penerbangan dari Hong Kong dan Makau dan melanjutkan transit penerbangan ke daratan dari dua kota tersebut.

China juga akan mewajibkan hasil tes PCR negatif 48 jam untuk kedatangan dari Hong Kong.

Secara terpisah, South China Morning Post melaporkan, mengutip seseorang yang tidak disebutkan namanya, pelancong daratan yang memasuki Hong Kong akan diminta untuk menunjukkan hasil PCR negatif yang diperoleh dalam waktu 48 jam setelah keberangkatan.

Hasil tes antigen cepat 24 jam yang diizinkan saat ini tidak akan diterima lagi.

Sebelumnya, perbatasan antara Hong Kong dan Cina daratan telah ditutup secara efektif sejak awal tahun 2020, lantaran kedua tempat tersebut menjalankan kebijakan Covid Zero yang membuat mereka tertutup dari dunia karena sebagian besar pandemi.

Dibukanya kembali perbatasan telah melonggarkan kembali akses negara itu ke dunia luar dan menghapus karantina untuk kedatangan mulai 8 Januari.

Hong Kong telah lama menjadi pintu gerbang penting antara China  dan seluruh dunia, tetapi perjalanan terhalang selama pandemi.

Saat ini ada batasan 3.500 orang untuk jumlah pengunjung yang datang dari Hong Kong, dan persyaratan wajib bagi semua pelancong yang masuk untuk menjalani karantina hotel selama lima hari.

Artikel Terkait