Delegasi Kongres AS Kembali Kunjungi Taiwan

Forumterkininews.id, Taipei – Pemerintah Amerika Serikat (AS) nampaknya tak peduli dengan ancaman China. Terbukti, Delegasi kongres AS yang dipimpin oleh Senator Demokrat Massachusetts, Ed Markey telah tiba di Taipei.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Nancy Pelosi memicu kemarahan China ketika dia menjadi pembicara AS pertama yang berkunjung dalam 25 tahun pada saat hubungan Washington-Beijing sedang mengalami ketegangan.

Delegasi baru beranggotakan lima orang itu mengunjungi pulau yang berpemerintahan sendiri itu dalam upaya untuk “menegaskan kembali dukungan Amerika Serikat untuk Taiwan” dan “akan mendorong stabilitas dan perdamaian di seluruh Selat Taiwan,” kata juru bicara Markey dalam sebuah pernyataan.

Delegasi itu termasuk anggota dari partai Rep Demokrat, John Garamendi, Alan Lowenthal dan Don Beyer, dan partai Republik Aumua Amata Coleman Radewagen, tambah pernyataan itu.

Kelompok yang dipimpin oleh Markey akan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan Menteri Luar Negeri Joseph Wu selama kunjungan, dan juga akan mengadakan diskusi dengan komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Nasional parlemen Taiwan mengenai masalah keamanan dan perdagangan, kata Kementerian Luar Negeri Taiwan.

Kementerian luar negeri menambahkan bahwa mereka dengan tulus menyambut delegasi tersebut, dan berterima kasih kepada mereka karena menunjukkan dukungan kuat AS terhadap Taiwan meskipun ketegangan meningkat dengan Beijing.

Artikel Terkait