Deretan Negara yang Gercep Kirim Bantuan ke Turki

Forumterkininews.id, Istanbul- Negara-negara di seluruh dunia bergerak cepat untuk mengirim bantuan dan tim penyelamat setelah gempa besar yang menewaskan lebih dari 3.000 orang di Türkiye dan Suriah pada Senin, (6/2).

Melansir Reuters, dari sekian banyak negara yang mengirimkan bantuan, berikut diantaranya

AMERIKA SERIKAT

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia sangat sedih dengan hilangnya ribuan nyawa akibat gempa Turki. Biden pun mengatakan pasukan AS  sekitar 79 orang, dikerahkan dengan cepat untuk mulai mendukung upaya pencarian dan penyelamatan di Turki.

RUSIA

Presiden Vladimir Putin berjanji untuk mengirim tim Rusia ke kedua negara melalui panggilan telepon dengan Bashar al-Assad dari Suriah dan Recep Tayyip Erdogan dari Türki.

“Dalam beberapa jam mendatang, tim penyelamat dari kementerian darurat Rusia akan berangkat ke Suriah. Kementerian pertahanan mengatakan 300 personel militer yang dikerahkan di Suriah membantu upaya pembersihan,”kata Putin.

UEA

Uni Emirat Arab menjanjikan bantuan kemanusiaan senilai sekitar US$13,6 juta ke Suriah, termasuk tim pencarian dan penyelamatan, pasokan bantuan mendesak, dan bantuan darurat.

Kantor berita resmi WAM mengatakan UEA telah mengirimkan pesawat pertama ke Türkiye selatan, di mana direncanakan untuk mendirikan rumah sakit lapangan.

INGGRIS

Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan telah mengirim tim yang terdiri dari 76 spesialis pencarian dan penyelamatan, peralatan dan anjing penyelamat. Inggris juga mengirimkan tim medis darurat untuk menilai situasi di lapangan.

JEPANG

Pemerintah di Jepang – yang sering mengalami gempa bumi – mengirimkan Tim Penyelamat Bantuan Bencana Jepang ke Türki,

IRAN

Presiden Iran, Ebrahim Raisi menyampaikan siap untuk mengirimkan bantuan.

“Iran siap untuk memberikan bantuan bantuan segera kepada kedua negara sahabat ini,” katanya, menyampaikan belasungkawa atas gempa tersebut.

Artikel Terkait