Deretan Ucapan Duka Pemimpin Dunia atas Wafatnya Ratu Elizabeth II

Forumterkininews.id, London – Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis, (8/9) dalam usia 96 tahun tak hanya membawa duka untuk rakyat Britania, tapi juga untuk para rekannya sesama pemimpin negara.

Sejumlah ucapan belasungkawa dari para pemimpin Dunia pun mengalir untuk sang ratu, di antaranya adalah :

Sekjen PBB Antonio Guterres

“Ratu Elizabeth II adalah teman baik Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan mengunjungi Markas Besar kami di New York dua kali, lebih dari lima puluh tahun terpisah. Dia sangat berkomitmen untuk banyak amal dan tujuan lingkungan dan berbicara dengan menyentuh kepada para delegasi pada pembicaraan iklim COP26 di Glasgow,”.

“Saya ingin memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II atas dedikasinya yang tak tergoyahkan seumur hidup untuk melayani rakyatnya. Dunia akan lama mengingat pengabdian dan kepemimpinannya.”

Presiden AS Joe Biden 

“Dalam dunia yang terus berubah, dia adalah kehadiran yang luar biasa dan sumber kenyamanan dan kebanggaan bagi generasi warga Inggris, termasuk banyak yang tidak pernah mengenal negara mereka tanpa dia. Warisannya akan tampak besar di halaman sejarah Inggris, dan dalam kisah dunia saat ini,”.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan

“Saya belajar dengan kesedihan atas meninggalnya Ratu Elizabeth II hari ini. Belasungkawa terdalam saya kepada Keluarga Kerajaan dan rakyatnya, dan pemerintah Inggris yang bersahabat dan bersekutu,”.

Presiden Rusia Vladimir Putin 

“Yang Mulia, terimalah belasungkawa kami yang terdalam atas meninggalnya Ratu Elizabeth II. Peristiwa paling penting dalam sejarah Inggris baru-baru ini terkait erat dengan nama Yang Mulia. Selama beberapa dekade, Ratu Elizabeth II berhak menikmati cinta dan rasa hormat rakyatnya, serta otoritas di panggung dunia,”.

Mantan Presiden AS Donald Trump 

BACA JUGA:   Waduh, Balon Mata-mata China Terbang Kelilingi AS

“Pemerintahan Ratu Elizabeth yang bersejarah dan luar biasa meninggalkan warisan perdamaian dan kemakmuran yang luar biasa bagi Inggris Raya. Kepemimpinan dan diplomasinya yang langgeng mengamankan dan memajukan aliansi dengan Amerika Serikat dan negara-negara di seluruh dunia.”

 

Baca Juga: Dunia Berduka, Ratu Elizabeth II Wafat

Presiden Prancis Emmanuel Macron

“Yang Mulia Ratu Elizabeth II mewujudkan kesinambungan dan persatuan bangsa Inggris selama lebih dari 70 tahun. Saya mengingatnya sebagai teman Prancis, seorang ratu yang baik hati yang telah meninggalkan kesan abadi di negaranya dan abadnya,”.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy 

“Dengan kesedihan yang mendalam kami mengetahui kematian Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Atas nama rakyat Ukraina, kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada @RoyalFamily, seluruh Inggris dan Persemakmuran atas kehilangan yang luar biasa  ini. Doa kami bersamamu.”

Raja Belanda Willem Alexander 

“Kami mengenang Ratu Elizabeth II dengan rasa hormat yang mendalam dan kasih sayang yang besar. Teguh dan bijaksana, dia mendedikasikan umur panjangnya untuk melayani rakyat Inggris. Kami merasakan ikatan yang kuat dengan Inggris dan keluarga kerajaannya, dan kami berbagi kesedihan mereka saat ini,”.

PM India Narendra Modi 

“Yang Mulia Ratu Elizabeth II akan dikenang sebagai pendukung zaman kita. Dia memberikan kepemimpinan yang menginspirasi bagi bangsa dan rakyatnya. Dia mempersonifikasikan martabat dan kesopanan dalam kehidupan publik. Sedih dengan kematiannya. Pikiran saya bersama keluarganya dan orang-orang Inggris di saat yang menyedihkan ini.”

 

 

Artikel Terkait