Di Y20, Anies Bicara Soal Keberagaman Dunia

Forumterkininews.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya persatuan dan keberagaman saat menyampaikan pidato di hadapan para delegasi muda Youth 20 (Y20).

“Keberagaman adalah anugerah Tuhan. Lihat saja ruangan ini, semua orang berasal dari suku bangsa, negara berbeda, tetapi memilih untuk bersatu dan bekerja sama secara damai dan dewasa dan itu kita sendiri yang memutuskan,” ungkap Anies kepada delegasi Y20, di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (18/7).

“Sebesar apapun kita menghargai keberagaman, jangan lupa betapa pentingnya persatuan. Karena itu yang membedakan kita dari mereka yang gagal mencapai persatuan,” imbuhnya.

Anies menjelaskan, keberagaman ada diseluruh dunia. Sayangnya, terkadang negaranegara tidak dapat saling berbicara satu sama lain atau bahkan duduk di ruang yang sama.

“Pesan ini semakin penting dewasa ini mengingat perdamaian dunia kini terancam. Saya tekankan anak muda memiliki peran penting, lagi dan lagi. Yang menarik, anak muda memiliki lebih banyak hari esok daripada hari kemarin,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, Anies menceritakan soal Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928. Pada peristiwa ini, anak muda dari berbagai daerah berkumpul dan menghasilkan sebuah deklarasi bahwa kita berbangsa satu, menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia.

Selain itu, Anies mengatakan pihaknya siap mendukung Komunike Y20 , sebuah rekomendasi kebijakan yang akan dihasilkan di akhir KTT Y20. Anies  juga mengingatkan untuk jangan pernah menyepelekan Komunike.

“Mungkin hari ini terlihat seperti hanya dokumen semata. Tetapi mereka membuat sejarah. Biarkan sejarah yang berbicara. Nanti dokumen inilah yang akan mengubah perjalanan umat manusia ke depan. Karena yang berkumpul adalah lintas bangsa,” jelas Anies.

Diketahui, Y20 adalah platform untuk pemuda-pemudi dari semua negara G20 untuk berdialog, bernegosiasi, serta mengajukan solusi untuk isu-isu mendesak di dunia.

BACA JUGA:   Peringatan ASEAN Day: Jokowi Ajak Dubes Asing Gunakan MRT

Hasil utama dari KTT Y20 adalah rekomendasi kebijakan, disebut Komunike Y20 yang akan diberikan kepada para pemimpin negara pada pelaksanaan KTT G20 di Bali 15 November mendatang.

Artikel Terkait