Diboikot Banyak Negara, Rusia Pastikan Putin Tetap Hadiri G20

Forumterkininews.id, Jakarta – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgivna Vorobieva dengan tegas menyatakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan tetap menghadiri KTT G20 di Indonesia November mendatang. Meski pemboikotan banyak dikemukakan negara-negara pro Ukraina.

Dijelaskan Lyudmila, situasi politik yang terjadi antara Rusia-Ukraina saat ini tak ada korelasinya dengan datang atau tidaknya Putin di G20.

“Kenapa harus tidak hadir? G20 bukan pembahasan mengenai kondisi politik. Namun membahas ekonomi global saat ini. Tidak ada hubungannya. (Presiden Putin) akan tetap hadir,” ujarnya saat ditemui di Pusat Kebudayaan dan Bahasa Rusia, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/3).

Bahkan katanya, undangan dari Indonesia selaku tuan rumah G20 telah diterima. Dan pihak Indonesia maupun Rusia sejauh ini selalu berkomunikasi dengan baik.

“Kami sudah menerima undangan, itu undangan langsung Presiden Joko Widodo untuk Presiden Vladimir Putin,”tandasnya.

Selain itu, ia mengerti betul bahwa Indonesia adalah negara non-blok sehingga saat ini posisinya tentu saja sedang disorot dunia. Terutama soal kedatangan Putin di G20 nanti. Untuk itu ia sekali lagi menekankan bahwa kondisi yang terjadi antara Rusia – Ukraina saat ini tak ada hubungannya dengan perhelatan G20 di Indonesia.

Artikel Terkait