Diburu 17 Hari, Buronon Paling Dicari Ini Ditangkap Polisi

Forumterkininews.id, Sydney-  Seorang buronan Australia bernama Mostafa Baluch yang dijuluki sebagai sosok paling dicari di negara itu, berhasil ditangkap saat hendak melarikan diri melalui perbatasan.

Melansir BBC, pria 33 tahun itu memicu perburuan nasional selama 17 hari setelah diduga memotong gelang kaki yang melacak keberadaannya di Sydney.

Pihak berwenang mengatakan mereka berhasil menangkap Baluch di sebuah truk kontainer yang terparkir setelah menerima sejumlah petunjuk dan informasi.

Polisi melihat kontainer itu tidak terkunci, dan ketika mereka mengetuknya, mereka mendengar seseorang mengetuk kembali.

“Dia cukup terkejut – dia pikir dia lebih pintar dari ini,” kata Detektif Supt Rob Critchlow dari Kepolisian New South Wales.

Petugas menyebut Baluch mencoba menyeberang dari New South Wales ke Queensland ketika penangkapan terjadi di kota Tweed Heads sekitar pukul 01.00 waktu setempat pada Rabu (14.00 GMT Selasa).

“Hari ini akan dianggap sebagai salah satu hari besar Kepolisian NSW,” kata Menteri Kepolisian negara bagian David Elliott.

Pada saat dia hilang, Baluch dibebaskan dengan jaminan atas tuduhan mencoba mengimpor 900 kg kokain dari Ekuador.

Baluch telah dituduh memiliki posisi senior dalam jaringan kriminal, dan polisi mengatakan dia menjadi ancaman bagi publik saat masih menjadi buron.

Dia dikabarkan akan menghadapi sidang pengadilan pada Rabu, (10/11). Sementara itu,   pria yang mengemudikan truk tersebut akan menghadapi dakwaan karena diduga membantu seorang buronan.

Artikel Terkait