Dijemur Berjam-jam, 11 Warga India Tewas Kepanasan

Forumterkininews.id, New Delhi- Sebelas orang tewas akibat sengatan panas di India. Hal ini setelah diperkirakan menunggu berjam-jam di bawah sinar matahari pada upacara penghargaan yang disponsori pemerintah pada Minggu, (16/4).

Media lokal melaporkan, sekitar 50 orang dirawat di rumah sakit dan 600 lainnya jatuh sakit pada acara di dekat kota barat Mumbai pada hari Minggu. Ketika suhu mencapai mendekati 38 derajat Celcius (100 Fahrenheit) dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

“Sayangnya, 11 dari mereka meninggal selama perawatan,” tulis Eknath Shinde, menteri utama negara bagian Maharashtra yang beribukota Mumbai, di Twitter.

Baca Juga : Pria Bersenjata Serbu Stasiun Militer India, 4 Tentara Tewas

Kantor Shinde menggambarkan insiden itu sebagai hal yang menyedihkan dan menjanjikan kompensasi untuk kerabat korban.

Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa – yang juga memerintah Maharashtra – mengatakan sekitar satu juta orang menghadiri acara yang diadakan untuk memberikan penghargaan kepada seorang aktivis sosial terkenal, surat kabar Indian Express melaporkan pada hari Senin.

Partai oposisi Kongres menuduh pemerintah lalai dan mengatakan harus menghadapi tuntutan pidana.

Diketahui, gelombang panas telah menewaskan lebih dari 6.500 orang di India sejak 2010. Tahun lalu mencatat rekor suhu di beberapa kota di seluruh negeri.

Pihak berwenang di negara bagian Benggala Barat mengumumkan penutupan selama seminggu dari semua sekolah, perguruan tinggi dan universitas mulai Senin karena cuaca panas.

Artikel Terkait