Dikritik Lambat Tangani Gempa, Erdogan Minta Maaf

Forumterkininews.id, Ankara- Banyak kritik yang menyebut pemerintahannya lambat dalam menangani gempa di Turki dan Suriah. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengakui kekurangannya.

Melansir Reuters, Erdogan  mengatakan cuaca musim dingin telah menjadi faktor lambatnya penanganan dan evakuasi pasca gempa.

“Tidak mungkin untuk bersiap menghadapi bencana sebesar itu,”kata Erdogan.

Ketika kritik terhadapnya meningkat secara online, Erdogan pada Rabu, (8/2)  mengunjungi provinsi Hatay yang paling terdampak gempa. Dimana lebih dari 3.300 orang tewas dan seluruh lingkungan hancur.

Banyak orang di daerah yang terkena dampak paling parah mengkritik tanggapan Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) karena terlalu lambat. Yang lain mengatakan pemerintah tidak cukup siap sebelumnya.

“Jika ada satu orang yang bertanggung jawab atas hal ini, itu adalah Erdogan,” kata Kemal Kilicdaroglu, pemimpin partai oposisi utama Turki.

Erdogan lalu menyangkal hal itu. Dia menyebut mereka yang mengatakan pihaknya sama sekali tak melakukan penanganan dan evakuasi adalah para provokator.

“Ini adalah waktu untuk persatuan, solidaritas. Dalam periode seperti ini, saya tidak bisa membiarkan orang melakukan kampanye negatif untuk kepentingan politik,” kata Erdogan pada wartawan di Hatay.

Selama perhentian lain dalam turnya ke daerah-daerah di zona bencana hari ini, dia mengakui beberapa masalah awal, tetapi mengatakan situasinya sekarang terkendali.

Artikel Terkait