Dilanda Wabah Misterius, Korut Siapkan Bantuan untuk 800 Keluarga

Forumterkininews.id, Pyongyang – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan pejabat senior lainnya menyiapkan bantuan untuk 800 keluarga penderita epidemi usus yang tidak diketahui.

Korea Utara mengungkapkan, minggu ini mereka menghadapi “epidemi enterik akut” di atas wabah COVID-19 selama berminggu-minggu. Namun tidak menjelaskan apa penyakit itu. Pemerintah setempat hanya menyebut saluran pencernaan.

“Para pejabat menyiapkan obat-obatan, bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan untuk pengobatan. Juga untuk kehidupan yang stabil kepada orang-orang di Kota Haeju dan Kabupaten Kangryong (Provinsi Hwanghae Selatan),” Kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) ) dikutip Reuters, Jumat (17/6).

Kim meminta para pejabat  untuk memenuhi tugas mereka dalam pekerjaan meringankan kemalangan dan penderitaan rakyat sesegera mungkin.

Provinsi Hwanghae Selatan adalah wilayah pertanian utama Korea Utara. Wabah tersebut menimbulkan kekhawatiran dapat menambah kekurangan pangan kronis di tengah gelombang infeksi COVID-19.

Korea Utara telah melaporkan jumlah pasien dengan gejala demam, daripada kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, berpotensi karena kurangnya kemampuan pengujian.

KCNA melaporkan 23.160 lebih banyak orang dengan gejala demam. Sehingga jumlah total di negara itu sejak akhir April menjadi di atas 4,58 juta.

Korban tewas terkait wabah ini mencapai 73 orang. Korea Utara mengatakan lebih dari 99 persen pasien demam telah pulih dan bahwa gelombang COVID-19 telah menunjukkan tanda-tanda mereda, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia meragukan klaim Pyongyang awal bulan ini, dengan mengatakan pihaknya yakin situasinya semakin buruk.

Artikel Terkait