Ditangkap! Gembong Narkoba Paling Dicari

Forumterkininews.id, Bogota- Gembong narkoba paling dicari di Kolombia dan pemimpin geng kriminal terbesar di negara itu, Dairo Antonio Suga ditangkap gabungan aparat keamanan setempat.

Melansir BBC, Dairo, atau yang lebih dikenal sebagai Otoniel, ditangkap setelah operasi gabungan oleh tentara, angkatan udara dan polisi, Sabtu, (23/10).

Pemerintah telah menawarkan hadiah 800.000 dolar AS untuk informasi tentang keberadaannya, sementara AS memberikan hadiah 5 juta dolar untuk kepalanya.

Presiden Ivan Duque memuji penangkapan Otoniel dalam pesan video yang disiarkan televisi.

“Ini adalah pukulan terbesar terhadap perdagangan narkoba di negara kita abad ini. Pukulan ini hanya sebanding dengan jatuhnya Pablo Escobar pada 1990-an,” katanya.

Otoniel ditangkap di tempat persembunyiannya di pedesaan di provinsi Antioquia di barat laut Kolombia, dekat perbatasan dengan Panama. 

Ada beberapa operasi besar yang melibatkan ribuan petugas untuk menangkap pria berusia 50 tahun itu dalam beberapa tahun terakhir, tetapi belum ada yang berakhir sampai akhirnya dia ditangkap tanpa perlawanan.

Otoniel menjadi kepala Klan Teluk, yang sebelumnya dikenal sebagai Klan Usuga, setelah pemimpin sebelumnya, saudaranya, dibunuh oleh polisi dalam penggerebekan di pesta Malam Tahun Baru hampir sepuluh tahun yang lalu.

Pasukan keamanan Kolombia menyebut geng itu sebagai organisasi kriminal paling kuat di negara itu, sementara pihak berwenang di AS menggambarkannya sebagai geng bersenjata berat dan sangat kejam.

Geng yang beroperasi di banyak provinsi dan memiliki koneksi internasional yang luas itu, terlibat dalam penyelundupan narkoba dan manusia, penambangan emas ilegal, dan pemerasan. Mereka bahkan diyakini memiliki sekitar 1.800 anggota bersenjata yang sebagian besar direkrut dari kelompok paramiliter sayap kanan. 

Geng ini menguasai banyak rute yang digunakan untuk menyelundupkan narkoba dari Kolombia ke AS dan hingga ke Rusia.

Artikel Terkait