Ditinggal Sendirian, PKS Usung Hidayatullah-Yasyir Ridho di Pilkada Medan

FT News – Menjelang detik terakhir pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendaftarkan Hidayatullah-Yasyir Ridho Lubis, Kamis (29/08/2024), pukul 22.17 WIB.

Rombongan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan itu didampingi oleh anggota PKS Kota Medan beserta relawan pendukungnya.

Pendaftaran calon ini menjadi salah satu buah dari putusan MK No 60 tentang ambang batas pencalonan kepala daerah. Diketahui, di DPRD Kota Medan, PKS memiliki 8 kursi yang dikonversi dari 176.981 suara sah yang mereka peroleh dalam Pemilu 2024.

Sedangkan, ambang batas untuk dapat mencalonkan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Pilkada Medan 2024 adalah minimal 76.693 suara untuk memenuhi syarat 6,5 persen di Pilkada Medan berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi.

Suasana pendaftaran terakhir di KPU Kota Medan, di mana pasangan Hidayatullah-Yasyir Ridho Lubis. (Foto: Instagram)

Dari pantauan FT News, pasangan Hidayatullah-Yasyir Ridho Lubis kompak mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Pasangan ini didampingi oleh Ketua DPD PKS Medan, Kasman Marasakti Lubis saat pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan di Jalan Kejaksaan No 37 Medan.

Setibanya di gerbang KPU Medan, beberapa relawan yang mendampingi menggelar aksi teatrikal. Aksi ini memperlihatkan seorang warga yang ditarik-tarik dari berbagai arah oleh beberapa orang lainnya. Meski sempat terjatuh, pada akhirnya sosok yang ditarik-tarik itu akhirnya berhasil menghempaskan orang-orang yang menariknya.

Rombongan PKS, Hidayatullah-Yasyir Ridho Lubis yang tiba di KPU Medan, Kamis (29/04/2024) malam. (Foto: Instagram)

Rombongan pasangan Hidayatullah dan Yasyir Ridho Lubis diterima oleh Ketua KPU Kota Medan, Mutia Atiqah dan anggota lainnya.

Diketahui, sebelumnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan ditiggal sendirian dalam memberikan dukungannya ke Aulia Rachman di Pilkada Medan 2024. Akan tetapi, beberapa hari menjelang pendaftaran, dua partai pendukung lainnya yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Demokrat tanpa angin tanpa hujan menarik dukungannya.

BACA JUGA:   Pengamat: Rapat Baleg Tak Berarti Anulir Putusan MK, KPU Harus Tegas

Setelah tinggal PKS sendirian, akhirnya partai ini mengusung sendiri calonnya dalam kontestasi Pilkada Kota Medan 2024 yaitu Hidayatullah dan Yasyir Ridho Lubis.

Dengan mendaftarnya pasangan ini menjelang detik terakhir pendaftaran, maka kontestasi Pilkada Medan 2024 memiliki tiga pasangan calon yang akan dipilih oleh masyarakat.

Artikel Terkait