DPR Gelar Rapat Evaluasi Pemilu dengan KPU 15 Mei Mendatang

FTNews- Komisi II DPR RI akan menggelar rapat evaluasi Pemilu 2024 dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta lembaga penyelenggaraan pemilu lain. Rapat rencananya akan berlangsung pada 15 Mei 2024.

“Iya, lanjutan rapat masa sidang kemarin,” ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia dikutip Sabtu (4/5).

Doli menyebut, sejumlah lembaga yang pihaknya undang dalam rapat evaluasi masih sama seperti rapat sebelumnya.

Yakni KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan Kementerian Dalam Negeri.

Pada masa sidang sebelumnya, Komisi II DPR RI menggelar rapat terkait dengan Pemilu 2024 di Parlemen, pada Senin, 1 April 2024. Namun, rapat itu tertunda karena ketidakhadiran perwakilan dari KPU.

Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan pada rapat evaluasi tersebut banyak hal yang bakal DPR konfirmasi ke KPU. Khususnya terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Salah satunya itu terkait dengan sejumlah tanggapan masyarakat mengenai penyelenggaraan Pemilu 2024. Penilaian publik itu akan kami langsung kepada Ketua KPU RI,”terang Guspardi.

Selain itu, Komisi II kuga akan menanyakan fungsi pengawasan KPU dan pihak terkait.

“Kenapa mandul? Kenapa tidak memberi sanksi?” kata Guspardi.

Sebagai informasi, KPU sendiri tak menghadiri undangan rapat Komisi II DPR RI karena bertepatan dengan masa agenda sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Setelah sidang di MK itu tuntas, KPU RI pun menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pilpres 2024.

Artikel Terkait