DPR Pastikan P20 Berjalan Sesuai Rule IPU

Forumterkininews.id, Jakarta – Depan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengatakan siap menyelenggarakan The 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20). Acara bakal sesuai dengan rule yang telah digariskan oleh Inter-Parliamentary Union (IPU).

Dijelaskan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Isksandar, dalam P20 itu Parlemen dunia akan membahas beberapa isu. Diantaranya Sustainable Development Goals (SDGs), isu lingkungan, isu gender, isu pangan, isu kesehatan serta isu demokrasi.

“Berbagai persidangan khususnya untuk bilateral sudah dimulai dari kemarin. Hari ini, beberapa negara sudah melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua DPR RI,” kata Indra dalam keterangannya, Rabu (5/10).

Indra menambahkan, DPR juga fokus untuk Opening Parliamentary Speakers’ Summit. Acara itu akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, (6/10) besok.

Selain itu, DPR RI bersama seluruh Head of Delegation, sebelum penutupan P20 tanggal 7 Oktober mendatang akan dilakukan penanaman pohon, sebagai salah satu bentuk salah satu komitmen pembahasan energi terbarukan.

Dikatakan Indra, kesempatan tersebut merupakan momen bagi DPR RI untuk mempresentasikan kepada delegasi P20 bahwasanya kompleks parlemen sudah menerapkan energi baru terbarukan.

 “Di tempat penanaman pohon, nantinya Taman Energi DPR RI akan terlihat oleh seluruh Head of Delegation. Terkait Pembangkit Listrik Tenaga Surya, sebenarnya uji cobanya sudah kita lakukan sekitar 5-6 bulan yang lalu.Tapi besok itu hanya penegasan-penegasan,”pungkasnya.

Artikel Terkait