DPR RI Jadi Tuan Rumah Forum Parlemen ASEAN Soal Narkotika 2023

Forumterkininews.id, Jakarta-  DPR RI akan menjadi tuan rumah digelarnya pertemuan Dewan Penasehat Parlemen ASEAN. Pertemuan ini terkait pembahasan narkotika dan obat-obatan terlarang pada tahun 2023 mendatang.

Dijelaskan Anggota BKSAP DPR RI Irine Yusiana Roba Putri, pertemuan parlemen negara-negara ASEAN ini menjadi momentum untuk memperkuat kemitraan menuju ASEAN Drug Free.

 “Tahun depan Indonesia dipercaya jadi tuan rumah AIPACODD (AIPA Advisory Council on Dangerous Drugs). Tentunya kita ingin memperkuat hubungan ASEAN dalam memberantas narkoba. Karena sebagai satu kawasan memerangi narkoba tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri,” ungkap Irine, Senin (27/6).

Dalam upaya pemberantasan narkoba, Irine berpandangan bahwa peran organisasi regional ASEAN sangat penting dalam menghentikan produksi, peredaran, penyelundupan serta penyalahgunaan Narkoba di kawasan.

Anggota Komisi I DPR RI tersebut menambahkan, DPR akan terus menjalin kerja sama dengan parlemen negara-negara ASEAN dalam memerangi narkoba. Apalagi, penyalahgunaan narkotika merupakan extraordinary crime dan merupakan salah satu prioritas kebijakan Pemerintah Indonesia.

 “Kita negara-negara di ASEAN harus satu visi menjalankan misi yang sama yaitu pemberantasan narkoba. Bagaimana kita membentengi diri secara kawasan, ini menjadi utama dan beberapa resolusi dibuat sangat penting bagi kita sesama negara ASEAN untuk mendapatkan satu perspektif yang sama terkait dengan narkoba itu sendiri,” imbuh politisi PDI-Perjuangan tersebut.

Diketahui, AIPA-CODD sendiri merupakan Badan khusus dari Organisasi Parlemen se-ASEAN (AIPA) yang khusus menangani pemberantasan narkoba di kawasan Asia Tenggara.

AIPA-CODD bersidang setiap tahun guna membahas mengenai perkembangan terbaru seputar isu pemeberantasan narkoba dan upaya parlemen dalam memperkuat kinerja pemerintah.

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

14 Negara Bela Israel Tolak Resolusi PBB ke Palestina

FT News – Sebanyak 14 negara membela Israel dan...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...