DPR RI Setuju Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven

FTNews – Semakin terang nasib naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven untuk Skuat Garuda. Kini DPR-RI menyetujui proses dua keturunan Indonesia tersebut untuk melanjutkan hingga resmi menjadi WNI.

Sebelumnya masih menjadi harapan besar untuk dua pemain tersebut dapat segera memastikan kewarganegaraanya. Namun, kini melalui sidang DPR RI sudah menyetujui kedua pemain tersebut dapat mengikuti proses naturalisasi.

Kita perlu tahu bahwa setidaknya ada beberapa proses yang mereka harus tempuh. Mulai dari rapat paripurna, kemudian turunya Surat Keputusan Presiden (Kepres) dan Sumpah warga negara. Terakhir akan melakukan proses perpindahan federasi dan mereka akan bisa bermain untuk Indonesia.

Pemain timnas Indonesia, Calvin Verdonk. (Foto: Instagram/Calvin)

Dengan keputusan ini, membuat timnas Indonesia hanya akan menunggung proses yang sekiranya dapat cepat selesai. Mengingat pemain ini akan menjadi proyeksi utama Skuat Garuda pada ajang mendekat seperti Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026.

Walaupun untuk melawan Irak, Kamis (6/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta tersebut gagal hadir ajang itu. Tetapi masih ada sebuah harapan bahwa mereka dapat bermain di laga melawan Filipina, Selasa (11/6).

Pemain timnas Indonesia, Calvin Verdonk. (Foto: Instagram/Jens)

Karena sesuai regulasi yang FIFA miliki bahwa setidaknya setiap tim harus mendaftarkan nama pemain sekurangnya 7 hari. Hal ini membuat pemain tersebut tidak dapat membela timnas, karena proses belum terselesaikan.

Keunggulan Dua Pemain Keturunan

Namun, untuk melawan Filipina masih memiliki waktu yang panjang lebih dari satu pekan. Besar harapan seluruh pecinta sepak bola, pemain keturunan ini dapat membela Indonesia dalam ajang besar mendatang.

Pemain timnas Indonesia, Jens Raven berlatih bersama tim U-20. (Foto: Instagram/Jensraven)

Kita ketahui bahwa posisi yang Calvin dan Jens tempati cukup membantu dan mengisi tim dengan baik. Calvin yang merupakan keturunan Aceh ini dapat menjadi pertahanan Indonesia, mulai dari bek, gelandang dan sayap. Fleksibel pemain ini cukup baik sehingga menjadikan ia dapat memenuhi kebutuhan timnas Indonesia.

BACA JUGA:   Pelatih Korea Selatan Tidak Anggap Enteng Skuat Garuda

Di sisi lain, Jens Raven juga menjadi sebuah tambahan peluru serangan tim asuhan Shin Tae-Yong tersebut. Pemain muda berusia 18 tahun ini dapat menjadi striker yang dapat berduet dengan Rafael Struick ataupun Ragnar Oratmangoen. Gaya permainan yang mudah mendapatkan dan menempatkan posisi dengan baik, menjadi sebuah nilai plus baginya.

Artikel Terkait

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...

Viral Plafon Venue Menembak PON XXI Ambruk, Menpora: Akibat Cuaca Buruk

FT News - Kebobrokan kembali muncul dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga...

Anggaran Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Mencapai 3,94 triliun

FT News - Anggaran penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024...

Viral Atap Venue PON Cabor Menembak Ambruk, Warganet: Udah Gak Beres Ini!!

FT News - Video peristiwa ambruknya bangunan venue cabang...