Dua Kasus Virus Marburg Mematikan Terkonfirmasi di Ghana

Forumterkininews.id, Accra- Dua kasus virus Marburg yang mematikan dan sangat menular telah dikonfirmasi di Ghana.  Layanan kesehatan negara itu mengatakan sebuah laboratorium telah menerima hasil positif dari dua pria, berusia 26 dan 51, yang meninggal bulan lalu.

Melansir SkyNews, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan penyakit ini memiliki tingkat kematian rata-rata 50 persen di antara manusia dan menyebabkan demam berdarah virus yang parah.

“Otoritas kesehatan (Ghana) telah merespons dengan cepat, bersiap untuk kemungkinan wabah.Ini bagus karena tanpa tindakan segera dan tegas, Marburg bisa dengan mudah lepas kendali,” kata Matshidiso Moeti, kepala WHO untuk Afrika.

Virus Marburg dimulai secara tiba-tiba dengan gejala seperti demam tinggi, sakit kepala parah, serta nyeri dan nyeri otot.

WHO mengatakan diare berair yang parah, sakit perut dan kram, mual dan muntah dapat dimulai pada hari ketiga, diikuti oleh perdarahan parah antara hari kelima dan ketujuh yang mungkin termasuk pendarahan dari hidung, gusi dan vagina.

Virus ditularkan oleh kelelawar buah dan menyebar di antara manusia melalui cairan tubuh dan kontak dengan bahan-bahan seperti tempat tidur dan pakaian.

Kematian paling sering terjadi pada hari kedelapan atau kesembilan setelah gejala, setelah kehilangan darah yang parah dan syok

Kasus yang baru-baru ini terjadi merupakan  wabah Marburg kedua di Afrika Barat. Kasus pertama di wilayah itu terdeteksi tahun lalu di Guinea dan tidak ada kasus lebih lanjut yang diidentifikasi.

Artikel Terkait