Dubes Rusia untuk Polandia Disiram Cat Merah oleh Pengunjuk Rasa

Forumterkininews.id, Warsawa- Duta Besar Rusia untuk Polandia Sergey Andreyev disiram cat merah oleh pengunjuk rasa. Hal ini dilakuka para pengunjuk rasa saat peringatan gugurnya tentara Uni Soviet selama Perang Dunia, Senin (9/5).

Melansir Metro.co.uk, massa yang berkumpul di Mausoleum Tentara Soviet di Warsawa, Polandia itu mengepung Andreyev sambil meneriakkan kata ‘fasis’ padanya. Dari rekaman yang beredar, Andreyev menyeka cat dari matanya, tetapi tidak memberikan reaksi apapun. Ia juga mengaku tak mengalami luka.

Banyak demonstran membawa bendera Ukraina untuk menunjukkan dukungan mereka bagi negara yang dilanda perang setelah Presiden Volodymyr Zelensky memperingatkan ‘kejahatan telah dilahirkan kembali 77 tahun setelah Nazi dikalahkan di Eropa. Beberapa pengunjuk rasa juga terlihat mengenakan seprai putih berlumuran darah yang melambangkan penderitaan Ukraina.

Merespon insiden yang menimpa Andreyev, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova telah mengklaim penyergapan, serta serangan lain pada peringatan dan pemakaman Perang Dunia II era Soviet, berasal dari ‘pendukung neo-Nazisme.’

“Ini membuktikan apa yang sudah jelas, bahwa jalan telah ditetapkan di Barat untuk reinkarnasi fasisme,”katanya.

Diketahui, Polandia telah menjadi salah satu pendukung terbesar Ukraina. Negara itu bahkan menerima lebih dari tiga juta pengungsi sejak invasi Rusia.

Artikel Terkait