Dukung Perhelatan G20 di Bali, PLN dan Pertamina Siapkan 300 SPKLU

Forumterkininews.id, Jakarta – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyediakan 300 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Bali. penyediaan 300 SPKLU ini merupakan dukungan konkret BUMN atas penyelengaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Goverment 20 (G20) di Bali pekan depan.

Tenaga Ahli Menteri BUMN Bidang Global Value Chain Reynaldi Istanto mengatakan, dukungan yang diberikan BUMN dalam persiapan menjadi hal penting. Pasalnya KTT G20 menjadi ajang memamerkan keunggulan Indonesia. Selain itu, perhetalan ini juga menjadi dan kesempatan perusahaan BUMN untuk go global.

“Kami melihat G20 ini sebuah kehormatan, momentum yang tepat. Untuk BUMN ini momentum untuk go global. Karena banyak pemimpin negara, pemimpin usaha bisnis datang ke Indonesia. Kami sudah siapkan inisiatif. Ini kesempatan BUMN untuk tingkatkan rantai nilai global,” kata Reynaldi.

Dalam mendukung salah satu pilar dalam Presidensi G20 yaitu transisi energi kepada energi baru dan terbarukan. Kementerian Sekretariat Negara bekerja sama dengan perusahaan ATPM Toyota, Hyundai, dan Wuling. Dimana perusahaan ini menyediakan mobil listrik sebanyak 962 unit sebagai kendaraan yang digunakan pada KTT G20.

Kementerian BUMN melalui PLN dan Pertamina juga menyediakan SPKLU sebanyak 300 unit untuk pengisian daya mobil listrik yang tersebar di Bali. Sebanyak 68 unit SPKLU merupakan ultra fast charging yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya satu mobil hingga penuh. Selain itu 21 unit fast charging, 200 home charging, dan 11 bus charging.

“Ini showcasing kita untuk transisi energi,” kata Reynaldi.

Artikel Terkait