Dunia Minggu Ini: Carut Marut Sri Lanka hingga Pemakaman Shinzo Abe

Forumterkininews.id, Jakarta – Pekan pertama Juli 2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia menjadi headline sepekan terakhir. Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang dirangkum tim Forumterkininews.id.

Warga Sri Lanka Geruduk Istana Presiden

Sehari setelah rakyat Sri Lanka berhasil menduduki Istana Kepresiden Kolombo, sang Presdien Gotabaya Rajapaksa tidak diketahui keberadaannya.

Warga yang berhasil menduduki bangunan besar tersebut bersumpah tidak pergi sampai Rajapaksa mengkonfirmasi bahwa dia mengundurkan diri.

Dalam video yang beredar secara luas di internet, warga nampak tidur di tempat tidur Rajapaksa, berenang di kolam renangnya dan bersantai menggunakan perabotan mewah istana. Beberapa membuat teh, menggunakan gym sementara yang lain mengeluarkan pernyataan dari ruang konferensi yang menuntut presiden dan perdana menteri pergi.

Presiden Sri Lanka Kabur ke Maladewa

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa bersama istri dan dua pengawalnya dikabarkan melarikan diri ke Maladewa. Aksi ini dilakukan Rajapaksa saat negara itu dilanda krisis berkepanjangan yang menyebabkan demonstrasi tak terkendali.

Kaburnya Rajapaksa terjadi hanya beberapa hari setelah para aktivis mengambil alih kediamannya. Juga rumah resmi perdana menteri negara itu. Hal ini merupakan bentuk kemarahan warga pada situasi ekonomi Sri Lanka saat ini.

Tiba di Singapura, Presiden Sri Lanka Mundur

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengajukan pengunduran dirinya tak lama setelah tiba di Singapura pada Kamis (14/7) malam.

Surat pengunduran diri Gotabaya Rajapaksa akan diperiksa sebelum pengumuman resminya yang dijadwalkan pada Jumat (15/7), kata juru bicaranya, Indunil Yapa.

Hukuman Kebiri di Thailand

Thailand akan segera memberlakukan kebiri kimia dengan imbalan pengurangan hukuman penjara bagi pelaku kejahatan seksual. Rancangan Undang -Undang (RUU), yang disahkan majelis rendah pada Maret lalu, telah disetujui oleh 145 senator, dengan dua abstain.

BACA JUGA:   Banjir Pakistan, KBRI : Tak Ada WNI yang Jadi Korban

Melansir SkyNews, keputusan RUU untuk menjadi UU itu diketahui masih membutuhkan suara lain, kemudian dukungan kerajaan.

Jepang Gelar Pemakaman Kenegaraan untuk Shinzo Abe

Jepang akan mengadakan pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe musim gugur ini.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan, pemakaman pribadi untuk Abe sudah digelar untuk keluarga dan rekan dekat minggu ini di sebuah kuil Tokyo. Namun pemakaman kenegaraan juga akan diadakan. Hal ini untuk menunjukkan bahwa Jepang tidak akan menyerah pada kekerasan dan bertekad melindungi demokrasi.

“Dia (Abe) dijunjung tinggi oleh masyarakat internasional, termasuk para pemimpin asing. Mengingat hal ini, kami akan mengadakan pemakaman kenegaraan untuknya pada musim gugur.”kata Kishida, dikutip AFP, Jumat (15/7).

Artikel Terkait