Dunia Minggu Ini: Gempa Turki hingga Kemunculan Putri Kim Jong Un yang Bikin Geger

Forumterkininews.id, Jakarta – Pekan pertama Februari 2023 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia menjadi headline dalam seminggu terakhir di awal Februari.

Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang telah dirangkum tim Forumterkininews.id

Turki Diguncang Gempa, Puluhan Warga Tewas dan Bisa Terus Bertambah

Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter melanda Turki dan Suriah pada Senin (6/2). Akibat kejadian ini puluhan orang dan beberapa bangunan runtuh saat orang-orang masih tertidur.

Tayangan televisi menunjukkan orang-orang yang terkejut di Turki berdiri di atas salju dengan piyama mereka, menyaksikan penyelamat menggali puing-puing rumah yang rusak.

Melansir Reuters, gempa tersebut terjadi pada pukul 04.17 waktu setempat pada kedalaman sekitar 17,9 km, dengan gempa susulan berkekuatan 6,7 yang terjadi 15 menit kemudian. Pusat layanan darurat AFAD Turki menyebutkan gempa pertama bermagnitudo 7,4.

Deretan Negara yang Gercep Kirim Bantuan ke Turki

Negara-negara di seluruh dunia bergerak cepat untuk mengirim bantuan dan tim penyelamat setelah gempa besar yang menewaskan lebih dari 3.000 orang di Türkiye dan Suriah pada Senin, (6/2).

Korban Tewas Gempa Turki- Suriah Capai 28.000

Korban tewas akibat gempa besar di Türki dan Suriah akan berlipat ganda atau lebih dari jumlah saat ini 28.000, kata kepala bantuan PBB Martin Griffiths.

Griffiths tiba pada Sabtu (11 Februari) di kota selatan Kahramanmaras, Türki, pusat gempa berkekuatan 7,8 skala Richter pertama yang menjungkirbalikkan jutaan nyawa pada dini hari Senin.

Gereja Inggris Ijinkan Pemberkatan Pasangan Sejenis

Majelis nasional Gereja Inggris pada Kamis, (9/2), memilih untuk mengizinkan para imam memberkati pernikahan sesama jenis dan kemitraan sipil. Melansir AP, para uskup mengusulkan langkah kompromi setelah lima tahun berdiskusi tentang posisi gereja mengenai seksualitas.

BACA JUGA:   Presiden AS Minta Rusia Mundur dari Ukraina

Putri Kecil Kim Jong Un Curi Perhatian di Parade Militer Korut

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan putrinya menjadi pusat perhatian di parade militer besar-besaran, Rabu, (8/2). Melansir AP, parade Rabu malam di ibu kota Pyongyang, menampilkan perangkat keras terbaru persenjataan nuklir Korut. Dimana persenjataan nuklir Korea Utara sedang berkembang

Artikel Terkait