Dunia Minggu Ini: Kejutan Zelenskyy di Bulan ke-10 Perang hingga Badai Musim Dingin Hantam AS

Forumterkininews.id, Jakarta – Pekan ketiga  Desember 2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia telah menjadi headline dalam seminggu terakhir.

Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang telah dirangkum tim Forumterkininews.id.

 

Zelenskyy Mendadak Kunjungi AS 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy sering mengejutkan dunia dengan perjalanannya ke medan perang. Tetapi kunjungannya ke Washington, AS mungkin menjadi hal paling mengejutkan di bulan ke-10 perang.

“Dalam perjalanan ke Amerika Serikat untuk memperkuat ketahanan dan kemampuan pertahanan Ukraina,” kata Zelenskiy di akun Twitternya Rabu, (21/12) pagi dikutip Reuters.

Kunjungan itu, diketahui untuk mendesak bantuan militer telah memberikan kejutan terbesar dalam 10 bulan sejak Rusia menginvasi negaranya.

Selengkapnya : Kunjungi AS, Zelenskyy Beri Kejutan di Bulan ke-10 Perang

 

Perempuan Afghanistan Dilarang Masuk Universitas

Kementerian pendidikan tinggi Afghanistan yang dikelola Taliban mengatakan bahwa siswa perempuan tidak akan diizinkan mengakses universitas negara itu sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Melansir AlJazeera, sebuah surat yang dikonfirmasi oleh juru bicara kementerian pendidikan tinggi pada hari Selasa, (20/12), menginstruksikan universitas negeri dan swasta Afghanistan untuk segera menangguhkan akses ke siswa perempuan, sesuai dengan keputusan Kabinet.

 

Belarus Tutup Perbatasan Rusia-Ukraina

Belarus mengeluarkan kebijakan pembatasan akses ke bagian tenggara Wilayah Gomel, Rabu (21/12). Dimana kawasan ini berbatasan langsung dengan Ukraina dan Rusia.

“Untuk sementara membatasi masuk, tinggal sementara dan pergerakan di zona perbatasan di distrik Loevsky, Braginsky dan Khoiniki di wilayah Gomel,”kata pemerintah Belarus dikutip Reuters.

 

AS akan Bekali Rudal Patriot untuk Ukraina

Amerika Serikat menjanjikan Ukraina bantuan berupa sistem pertahanan udara Patriot yang canggih. Bantuan ini sebagai dukungan AS kepada Ukraina untuk melawan serangan udara tanpa henti Rusia.

BACA JUGA:   Mengenal "Bom Kotor", Senjata Pemusnah yang Diklaim Rusia

Sistem ini merupakan bagian dari bantuan USD1,85 miliar Amerika ke Ukraina. Ini diungkapkan ketika Presiden Ukraina Vlodymyr Zelenskyy berkunjug ke Washington. Kunjungan ini juga menjaladi lawatan pertamanya ke luar negeri sejak Rusia menginvasi pada Februari.

 

Ada Badai Musim Dingin, AS Batalkan 4.400 Penerbangan

Lebih dari 4.400 penerbangan dibatalkan karena badai dingin yang melanda Amerika Serikat. Badai ini datang bertepatan dengan dimulainya musim liburan.

Melansir Reuters, situs pelacakan penerbangan FlightAware mencatat lebih dari 2.350 penerbangan AS telah dibatalkan pada Kamis (22/12) dan 2.120 penerbangan lainnya untuk Jumat juga dibatalkan.

Artikel Terkait