Dunia Minggu Ini: Kontroversi Film “The Lady of Heaven hingga McDonald’s Bayar Denda Rp19 Triliun

Forumterkininews.id, Jakarta – Pekan Ketiga Mei 2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia menjadi headline sepekan terakhir. Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang dirangkum tim Forumterkininews.id.

Fakta Tentang Islam Dipalsukan, “The Lady of Heaven ” Dicekal di Maroko

Maroko melarang film kontroversial Inggris The Lady Of Heaven. Larangan ini dilakukan karena film tersebut dianggap melakukan pemalsuan terang-terangan atas fakta-fakta yang ada dalam sejarah Islam.

Jaringan bioskop Inggris Cineworld telah membatalkan pemutaran film tersebut setelah protes atas penggambaran putri Nabi Muhammad, Fatimah, yang dianggap melenceng jauh.

 Melansir SkyNews, Senin (13/6), Pusat Sinematografi Maroko (CCM) telah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan tidak ada bioskop di negara itu yang akan diberikan lisensi untuk menayangkan film tersebut.

Kini Kedubes Saudi di AS Berlokasi di Jalan Jamal Khashoggi

Jalan di depan kedutaan besar Arab Saudi di Washington, AS, pada Rabu (15/6) diubah namanya menjadi jalan Jamal Khashoggi ketika para aktivis bersumpah untuk tidak pernah melupakan sosok wartawan yang terbunuh itu meskipun ada rencana kunjungan Presiden Joe Biden ke Arab Saudi.

Melansir CNA, pemerintah lokal ibu kota mengubah tanda-tanda di satu blok di depan kedutaan besar dengan tulisan “Jamal Khashoggi Way” untuk menghormati jurnalis Saudi yang dicekik sampai mati dan tubuhnya dipotong-potong di dalam konsulat Saudi di Istanbul pada 2018  itu.

“Jalan itu akan berfungsi sebagai pengingat terus-menerus, peringatan untuk memori Jamal Khashoggi yang tidak dapat ditutup-tutupi,” kata Presiden Dewan Distrik Columbia, Phil Mendelson.

Digempur Habis-habisan, Ukraina Ogah Mundur dari Sievierodonetsk

Ukraina mengatakan pasukannya masih berusaha mengevakuasi warga sipil dari Sievierodonetsk yang diserang habis-habisan oleh pasukan Rusia pada Selasa (14/6).

BACA JUGA:   Selandia Baru Laporkan Kasus Covid Omicron Pertama

Pernyataan itu muncul setelah Rusia menghancurkan jembatan terakhir di kota itu, target utama Moskow dalam pertempurannya untuk menguasai Ukraina timur.

Pasukan Ukraina bertahan melawan Rusia setelah tanah berpindah tangan beberapa kali selama beberapa minggu terakhir, menanggung apa yang digambarkan Presiden Volodymyr Zelenskyy sebagai kerugian “menyakitkan”. 

Hindari Pajak Bertahun-tahun, McDonald’s Prancis Didenda Rp19,2 Triliun!

Raksasa makanan cepat saji McDonald’s akhirnya harus membayar 1,3 miliar US dolar (sekitar Rp19,2 triliun) di Prancis untuk menghindari kasus hukum atas penghindaran pajak antara 2009 hingga 2020, berdasarkan kesepakatan yang disetujui pada Kamis (16/6) oleh pengadilan Paris, Prancis.

Hakim Stephane Noel, yang memimpin jalannya sidang, mengkonfirmasi penyelesaian pajak terbesar kedua dalam sejarah Prancis, terdiri dari denda 508 juta euro (Rp7 triliun ) dan pajak balik 737 juta euro (Rp11 triliun) yang telah disepakati pada bulan Mei, bertahun-tahun setelah McDonald’s dituduh melaporkan keuntungan yang sangat rendah untuk mengurangi tagihan pajaknya.

Artikel Terkait