Dunia Minggu Ini: Masjid Afghanistan Dibom hingga Masuknya Monkeypox ke Indonesia

Forumterkininews.id, Jakarta- Pekan keempat Agustus 2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia menjadi headline sepekan terakhir. Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang dirangkum tim Forumterkininews.id.

Kejam, Masjid Kabul Dibom Saat Salat Maghrib Tewaskan 21 Orang

Sebuah ledakan yang menghancurkan sebuah masjid di Kabul, Afghanistan saat salat magrib pada hari Rabu (17/8). Akibat insiden itu telah menewaskan 21 orang dan 33 orang lainnya terluka.

“Sebuah ledakan terjadi di dalam sebuah masjid ledakan itu menimbulkan korban, tetapi jumlahnya belum jelas,” kata juru bicara kepolisian Kabul Khalid Zadran kepada Reuters.

Diketahui, imam masjid termasuk di antara mereka yang tewas. Seorang saksi mata menyebut bahwa ledakan kuat terdengar di lingkungan Kabul utara, menghancurkan jendela di gedung-gedung di dekatnya.

Baca Juga: Kejam, Masjid Kabul Dibom Saat Salat Maghrib Tewaskan 21 Orang

China dan Rusia Kembali Gelar Latihan Militer Gabungan

Pasukan militer China akan melakukan perjalanan ke Rusia untuk mengambil bagian dalam latihan militer gabungan yang dipimpin oleh Rusia. Selain kedua negara itu, latihan militer juga diikuti India, Belarus, Mongolia, Tajikistan dan negara-negara lain.

Melansir Reuters, Kementerian Pertahanan China mengatakan partisipasi mereka dalam latihan bersama itu tidak terkait dengan situasi internasional dan regional saat ini. Namun, partisipasi mereka dalam latihan itu adalah bagian dari perjanjian kerja sama tahunan bilateral yang sedang berlangsung dengan Rusia.

Baca Juga: China dan Rusia Kembali Gelar Latihan Militer Gabungan

Xi Jinping dan Putin akan Hadir di KTT G20 Bali

Pemimpin China Xi Jinping dan Pemimpin Rusia Vladimir Putin akan menghadiri KTT G20 di Bali pada bulan November.

Kabar tersebut dikatakan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo saat diwawancarai Bloomberg, Kamis (18/8).

BACA JUGA:   Di KTT ASEAN, Jokowi Lobi Jepang Tingkatkan Investasi

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang, ” kata Presiden Indonesia ke-7 itu dikutip Reuters.

Baca Juga: Xi Jinping dan Putin Akan Hadir di KTT G20 Bali

Banjir Bandang Pakistan, Puluhan Warga Tewas, Ribuan Rumah Hancur

Sedikitnya 36 orang tewas dan 145 lainnya luka-luka dalam banjir bandang di Pakistan. Banjir ini dipicu hujan monsun dan insiden terkait hujan lainnya selama 24 jam terakhir.

Otoritas Manajemen Bencana Nasional (NDMA) pada Sabtu (20/8) malam melaporkan, setidaknya tujuh anak dan lima wanita termasuk di antara mereka yang kehilangan nyawa.

Provinsi Sindh selatan negara itu adalah wilayah yang paling parah. Dimana terdata 18 tewas dan 128 lainnya terluka. Selanjutnya Provinsi Khyber Pakhtunkhwa barat laut dengan 11 kematian, dan provinsi Punjab timur dengan tujuh kematian.

Baca Juga: Banjir Bandang Pakistan, Puluhan Warga Tewas, Ribuan Rumah Hancur

Cacar Monyet Masuk Indonesia, Pasien Pertama Terdeteksi di Jakarta

Infeksi cacar Monyet atau monkeypox pertama dilaporkan telah terdeteksi di Indonesia pada Sabtu (20/8).

Melansir Reuters, kasus pertama itu menyasar seorang pria berusia 27 tahun asal Jakarta yang dikonfirmasi terkena cacar Monyet Jumat malam. Ia diketahui baru tiba beberapa hari dia luar negeri.

Kementerian Kesehatan menyebut, pria yang kini dalam keadaan baik dan hanya menunjukkan gejala ringan itu sedang mengisolasi diri di rumah.

“Kami telah menindaklanjuti dengan pelacakan kontak dekat dan akan memeriksa mereka,” kata Kemenkes.

Baca Juga: Cacar Monyet Masuk Indonesia, Pasien Pertama Terdeteksi di Jakarta

Artikel Terkait