Dunia Minggu Ini : Pencaplokan Wilayah Ukraina hingga Pom Bensin Meledak di Irlandia

Forumterkininews.id, Jakarta – Pekan pertama Oktober 2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia telah menjadi headline dalam seminggu terakhir.

Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang telah dirangkum tim Forumterkininews.id.

Putin Resmi Caplok Lebih dari 15 Persen Wilayah Ukraina

Presiden Resmi Vladimir Putin secara keseluruhan resmi mencaplok lebih dari 15% wilayah Ukraina pada Rabu, (5/10). Hal itu tepat ketika pasukan Rusia berjuang untuk menghentikan serangan balasan Ukraina.

Melansir Reuters, dalam perluasan terbesar wilayah Rusia, Putin menandatangani undang-undang yang mengakui Republik Rakyat Donetsk (DPR), Republik Rakyat Luhansk (LNR), wilayah Kherson dan wilayah Zaporizhzhia untuk menjadi bagian dari Rusia.

Selengkapnya : Putin Resmi Caplok Lebih dari 15 Persen Wilayah Ukraina

Tiga Pimpinan Senior ISIS Tewas di Tangan Pasukan AS

Pasukan AS telah membunuh tiga pemimpin senior kelompok ekstremis Negara Islam (ISIS). AS melakukan serangan pada Kamis (6/10) malam.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan, para pemimpin senior ISIS yang tewas adalah mereka yang bertanggung jawab untuk memperoleh senjata dan merekrut anggota.

AS menewaskan pemimpin ISIS setelah melakukan dua serangan secara terpisah.

Kejam! Puluhan Anak Tewas Ditikam di Thailand

Insiden penikaman tewaskan lebih dari 30 orang, termasuk 23 anak-anak berumur 2-5 tahun tewas  Insiden penikaman itu terjadi pusat penitipan anak di Uthai Sawan, 500 km timur laut Bangkok, Kamis (6/10).

Pihak kepolisian mengatakan pelaku pembunuhan adalah mantan anggota polisi. Polisi baru membebaskan pelaku atas tuduhan penggunaan narkoba dan kembali menghadapi persidangan atas tuduhan narkoba.

Juru bicara kepolisian setempat Paisal Luesomboon mengatakan, pelaku telah berada di pengadilan sehari sebelumnya. Kemudian pergi ke pusat penitipan anak untuk menjemput anaknya.

BACA JUGA:   Perdana Menteri Prancis Positif Corona

Pom Bensin Meledak, 10 Orang Tewas di Tempat

Sepuluh orang, termasuk dua remaja dan seorang anak perempuan tewas dalam ledakan pompa bensin di daerah Donegal, Irlandia.

Melansir Reuters, pompa bensin Applegreen yang berada di desa Creeslough, Donegal, Irlandia meledak pukul 3 sore waktu setempat pada Jumat, (7/10).

Insiden tersebut telah menewaskan 10 orang, sedangkan delapan orang lainnya mengalami luka-luka.

Artikel Terkait