Dunia Minggu Ini : Topan Hinnamnor Sasar Korsel hingga Wafatnya Ratu Elizbeth II

Forumterkininews.id, Jakarta- Pekan pertama September  2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari berbagai belahan dunia telah menjadi headline dalam sepekan terakhir. Berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang dirangkum tim Forumterkininews.id.

Topan Hinnamnor Sasar Korsel, Ribuan Warga Dievakuasi

Topan Hinnamnor menghampiri wilayah Korea Selatan menyebabkan ribuan warga pun telah dievakuasi.

Administrasi Meteorologi Korea mengatakan Topan bergerak ke utara sekitar 52 km/jam. Kemudian meninggalkan semenanjung Korea sekitar pukul 7.10 pagi melalui perairan di tenggara kota Ulsan setelah mendarat di kota pesisir Geoje.

“Hujan lebat, angin kencang dan gelombang badai diperkirakan sampai Selasa,” kata badan cuaca itu dikutip CNA.

Topan juga diperkirakan menuju timur laut dan melewati sekitar 400 km barat laut Sapporo, Jepang, sekitar tengah malam pada hari Selasa.

Kalahkan Sunak, Liz Truss Jadi PM Baru Inggris

Liz Truss resmi dikukuhkan sebagai Perdana Menteri baru negara itu. Dia mengalahkan pesaingnya untuk menggantikan Boris Johnson.

Saat dilantik pada Senin, (5/9) dia bersumpah untuk memperbaiki krisis ekonomi terburuk Inggris dalam beberapa dekade.

“Saya berkampanye sebagai konservatif, dan saya akan memerintah sebagai konservatif,” kata wanita berusia 47 tahun itu dikutip CNA.

Baca Juga : Kalahkan Sunak, Liz Truss Jadi PM Baru Inggris

Israel Mengakui Militernya Bunuh Jurnalis Shireen Abu Akleh

Militer Israel membenarkan bahwa ada “kemungkinan besar” seorang tentara militernya membunuh jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh pada bulan Mei lalu.

“Ada kemungkinan besar bahwa Abu Akleh secara tidak sengaja terkena tembakan IDF yang ditembakkan ke arah tersangka yang diidentifikasi sebagai pria bersenjata Palestina bersenjata,” kata Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dalam sebuah pernyataan dikutip IndianExpress, Kamis (8/9).

BACA JUGA:   Besok, Jepang Mulai Buang Air Limbah Radioaktif Fukushima

Dunia Berduka, Ratu Elizabeth II Wafat

Ratu Elizabeth II, ratu terlama di Inggris – tujuh dekade – meninggal dengan tenang di rumahnya di Skotlandia pada Kamis (8/9) dalam usia 96 tahun.

“Kematian ibuku tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” kata putra sulungnya, Pangeran Charles dikutip CNA.

Ia menambahkan, wafatnya Sang Ibu tentu saja membawa luka mendalam bagi banyak orang.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang Penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia,” imbuh pria berusia 73 tahun itu dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga : Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth II Digelar 19 September

Artikel Terkait