Dunia Minggu Ini: Undangan Zelesnskyy ke G20 hingga Turki Ganti Nama jadi Turkiye

Forumterkininews,id, Jakarta – Pekan terakhir Mei 2022 terlewati. Sejumlah peristiwa penting dari sejumlah negara telah menjadi headline selama sepekan terakhir. Dan berikut, deretan peristiwa dunia dalam sepekan yang telah dirangkum tim Forumterkininews.id.

Wartawan Prancis Tewas dalam Serangan Rusia di Ukraina

Frederic Leclerc-Imhoff, (32), jurnalis Prancis tewas di Ukraina Timur. Senin (30/5).  Dirinya menghembuskan nafas terakhir saat kendaraan yang mengevakuasi warga ukraina tersebut dibom pasukan Rusia. Frederic Leclerc-Imhoff sendiri diketahui bekerja untuk saluran berita televisi BFM.

Dia berada di dekat Severodonetsk, sebuah kota di timur Ukraina yang dihantam pasukan Rusia beberapa pekan terakhir. Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna yang mengunjungi Kiev pada hari Senin, mengatakan Leclerc-Imhoff terbunuh pada aksi pemboman Rusia terhadap misi kemanusiaan ketika dia menjalankan tugasnya.

Diundang ke G20, Ini Jawaban Zelenskyy

Menanggapi undangan G20 dari Indonesia. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan bahwa dirinya tidak dapat secara langsung menghadiri KTT G20.

Hal tersebut terungkap saat dia menjawab pertanyaan dalam sebuah diskusi yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jumat pekan lalu.

Seperti dilansir Antara, Zelenskyy mengatakan dirinya tak dapat berkunjung ke Indonesia karena ia ingin bersama rakyatnya. Namun dia mengaku sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah mengundangnya.

“Kami menerima undangan tersebut dengan penuh rasa hormat. Mudah-mudahan dunia dapat memberikan solusi terhadap masalah ini, dan kita tidak akan melihat dampak yang lebih besar lagi,” kata dia dalam diskusi itu.

Baca Juga : Zelenskyy Ingin Bersama Rakyatnya, Berharap KTT G20 Hasilkan Solusi

Penembakan Massal Terjadi Lagi di Amerika Serikat

Seorang pria menembakkan senjatanya di dalam gedung klinik di Rumah Sakit St. Franvis di Tulsa, Oklahoma, AS, pada Rabu (1/6). Atas kejadian ini dilaporkan tiga orang tewas di tempat.

BACA JUGA:   Jepang Gelontorkan Rp27 Miliar untuk Pemakaman Shinzo Abe

Menurut keterangan polisi setempat, pelaku juga tewas dalam insiden itu. Ini  menjadi yang terbaru dalam serangkaian insiden serupa di Amerika Serikat.

Kapten Richard Meulenberg mengatakan kepada ABC News bahwa kepolisian Tulsa menerima telepon tentang seorang pria yang membawa senapan di lantai dua gedung rumah sakit tersebut. Dia mengatakan situasinya lalu berubah menjadi penembakan aktif. Ketika petugas tiba di lokasi, mereka menemukan sejumlah orang telah tertembak.

Turki Ajukan Perubahan Nama jadi Turkiye, Bukan Turkey

Turki telah mengajukan permintaan resmi kepada Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) agar namanya diubah menjadi Turkiye. Langkah tersebut dipandang sebagai dorongan oleh pemerintah di Ankara untuk memisahkan namanya dari kalkun burung dan beberapa konotasi negatif yang terkait dengannya.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengirim surat ke PBB untuk secara resmi meminta perubahan nama.

Anadolu Agency melaporkan, Stephane Dujarric, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengkonfirmasi penerimaan surat itu pada Rabu (1/6) malam.

Artikel Terkait