Edy Rahmayadi Lepas Mudik Gratis Bermartabat di Medan

Forumterkininews.id, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas 3.500 peserta Mudik Gratis Bermartabat yang diadakan Dinas Perhubungan provinsi itu dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

Edy Rahmayadi mengatakan program ini dilaksanakan untuk mempermudah kondisi ekonomi masyarakat yang masih belum pulih akibat pandemi COVID-19.

“Kita memberangkatkan 3.500 orang, dengan 94 bus untuk mempermudah masyarakat dalam perekonominannya,” kata Edy Rahmayadi saat melepas peserta mudik gratis di Kantor Gubernur Sumut, Medan, Rabu (19/4).

Ia menuturkan kegiatan ini juga sebagai upaya menekan penggunaan sepeda motor yang dianggap rentan mengalami kecelakaan saat arus mudik.

Adapun rute mudik yakni Kota Medan dengan tujuan Penyabungan, Padangsidimpuan, Sibolga, Rantauprapat, Gunungtua, Sidikalang, Salak, Stabat, dan Besitang.

Edy Rahmyadi juga mengatakan Pemprov Sumut dan Forkopimda juga menjamin keamanan rumah-rumah para pemudik yang ditinggalkan tetap aman.

“Kami sudah koordinasi kemarin, dipimpin Ketua DPRD. Kami rapat Forkompimda, Kapolda, Pangdam, untuk memfasilitasi mengamankan rumah-rumah rakyat yang ditinggalkan,” katanya, dikutip Antara.

Untuk itu Gubernur Edy mengingatkan agar para pemudik memperhatikan kondisi listrik saat meninggalkan rumah.

“Saya informasikan kepada rakyat, kami akan patroli hanya di luar rumah, untuk itu di dalam rumah siapkan benar, lampu listriknya, air dan kompor, semua arus dikondisikan dalam posisi aman,” ujar Edy

Kepala Dinas Perhubungan Sumut Agustinus mengatakan jadwal program mudik gratis akan disesuaikan dengan tujuan daerah masing masing.

“Ini karena perbedaan jadwal, pagi ini kan hanya seremonial kita saja. Selebihnya ada permintaan penumpang untuk berangkat di jam yang berbeda,” kata Agustinus.

Artikel Terkait

Daridesa.id Bantu Petani Dusun Sawah, Rejang Lebong Berhilirisasi

FTNews - Sebagai negara tropis, Indonesia dianugerahi dengan keanekaragaman...

Nuansa Hutan Avatar di IKN Nusantara

Forumterkininews.id, BALIKPAPAN – Anda bisa tak berkedip menyaksikan ilusi...

Mudik 2023 Lancar, DPR Apresiasi Kinerja Polri

Forumterkininews.id, Jakarta- Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad...

Mudik Lebaran Berakhir, Polisi Tutup Operasi Ketupat 2023

Forumterkininews.id, Jakarta - Korlantas Polri resmi menutup kegiatan operasi...

Antisipasi Kemacetan Hari Terakhir Liburan, Polisi Perpanjang One Way

Forumterkininews.id, Jakarta - Korlantas Polri melalui Diskresi kepolisian melakukan...