Eks Presiden Afghanistan Sebut Taliban Saudaranya

Forumterkininews.id, Kabul– Mantan presiden Afghanistan Hamid Karzai, menyebut Taliban sebagai saudaranya. Bahkan Karzai mengaku telah mengadakan pertemuan dengan penguasa baru Afghanistan itu.

“Saya melihat Taliban sebagai saudara begitu pula dengan semua orang Afghanistan,” katanya dalam wawancara eksklusif dengan BBC, Kamis (2/11).

Karzai menganggap Taliban sebagai saudara sejak dirinya menjabat sebagai presiden. Dia menekankan, ada kebutuhan proses politik untuk membentuk pemerintahan inklusif yang harus diterima semua warga Afghanistan.

“Ini adalah negara Anda, mari kita bangun bersama; mari kita bekerja sama. Saya telah mengadakan pertemuan dengan mereka [Taliban],”tambahnya.

Wartawan BBC Yalda Hakim juga menanyai Karzai tentang kapan anak perempuan dan perempuan dapat kembali bersekolah dan bekerja.

Dia mengungkapkan telah melakukan pembicaraan tentang hal ini dan Taliban setuju untuk memperbolehkan perempuan bekerja dan sekolah.

“Keluar, belajarlah dan beranilah, kami pastikan kamu belajar dan itu akan terjadi,” jawab Karzai.

Dia juga meminta masyarakat internasional khususnya Amerika Serikat membantu membangun kembali Afghanistan.

Ditanya apakah dia memiliki pesan untuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Karzai menjawab: “Mereka lebih baik datang dan membantu rakyat Afghanistan. Mereka, sekutu mereka dan masyarakat internasional harus membantu Afghanistan membangun kembali dirinya sendiri, harus menyembuhkan luka yang telah ditimbulkan pada semua sisi.”jelasnya.

Selain itu, ia meminta warga Afghanistan, yang melarikan diri ke luar negeri ketika Taliban menguasai negara itu pada Agustus, untuk kembali ke rumah dan membantu membangun kembali Afghanistan.

Artikel Terkait