Empat Belas Negara Dipilih jadi Dewan HAM PBB

Forumterkininews.id, Jenewa- Majelis Umum Perserikatan Bangsa -Bangsa (PBB)  memilih 14 negara bagian menjadi Dewan Hak Asasi Manusia (HAM). Mereka dipilih untuk menggantikan anggota yang keluar.

Melalui pemungutan suara rahasia, mereka yang terpilih adalah Aljazair, Maroko, Afrika Selatan, Sudan (untuk Afrika); Bangladesh, Kirgistan, Maladewa, Vietnam (untuk Asia-Pasifik); Georgia, Rumania (untuk Eropa Timur); Chili, Kosta Rika (untuk Amerika Latin dan Karibia); Belgia, Jerman (untuk Eropa Barat dan negara bagian lainnya). Mereka dipilih untuk masa jabatan tiga tahun yang dimulai pada 1 Januari 2023.

Melansir Xinhua, dari 14 negara bagian, Sudan dan Jerman terpilih untuk masa jabatan kedua berturut-turut.

Dewan Hak Asasi Manusia PBB yang berbasis di Jenewa adalah badan antar pemerintah yang bertanggung jawab untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia di seluruh dunia.

Memiliki 47 anggota, sekitar sepertiganya diganti setiap tahun sehingga para anggota dewan menjabat secara terhuyung-huyung selama tiga tahun demi kesinambungan.

Anggota dewan tidak memenuhi syarat untuk pemilihan kembali segera setelah dua periode berturut-turut.

Kursi Dewan Hak Asasi Manusia PBB dialokasikan berdasarkan kelompok regional: masing-masing 13 kursi untuk Afrika dan Asia-Pasifik;. Kemudian, 8 untuk Amerika Latin dan Karibia; Serta 7 untuk Eropa Barat dan negara-negara lain; 6 untuk Eropa Timur.

Artikel Terkait