Enam Pekerja Pabrik Tewas Setelah Menghirup Gas Limbah Kimia Ilegal

Forumterkininews.id, Mumbai– Enam pekerja di pabrik pencelupan dan percetakan di India tewas. Lebih dari 20 orang dibawa ke rumah sakit pada Kamis (6/1). Penyebab tewasnya enam pekerja lantaran menghirup gas beracun pembuangan limbah bahan kimia ilegal.

Bencana itu terjadi di kota industri Surat, negara bagian Gujarat sekitar pukul 04.00 waktu setempat. Para pekerja saat itu berada di pabrik ketika beberapa bahan kimia dibuang di dekat mereka.

“Bahan kimia dibuang secara ilegal dari kapal tanker ke sungai dekat pabrik. Hal ini mungkin bereaksi dengan bahan kimia lain di dalam air dan menciptakan gas beracun,” kata kepala petugas pemadam kebakaran Surat Municipal Corporation, Basant Pareek, dikutip Reuters, Jumat (7/1).

Ia melanjutkan, para pekerja menghirup gas dan mulai merasa sesak napas. Ketika pihaknya sampai di tempat kejadian, para pekerja pingsan di jalan dalam upaya menyelamatkan diri.

“Enam pekerja meninggal sementara 23 orang dirawat di rumah sakit, tujuh dalam kondisi kritis dan menggunakan ventilator. Ini bukan kebocoran gas yang tidak disengaja. Bahan kimia berbahaya dikeluarkan saat insiden itu terjadi,” paparnya.

Diketahui, India mengalami bencana industri terburuk di dunia pada tahun 1984 ketika gas metil isosianat bocor dari pabrik pestisida milik American Union Carbide Corporation di kota Bhopal, dan menewaskan lebih dari 5.000 orang.

Artikel Terkait