Fardy Bachdim Sosok Pembawa Pemain Keturunan Indonesia

FTNews – Kehadiran pemain naturalisasi saat ini merupakan hasil dari Fardy Bachdim sosok pembawa pemain keturunan. Pria yang merupakan kakak dari pemain timnas legend Irfan Bachdim ini menjadi jembatan penghubung PSSI.

Fardy Bachdim merupakan pembawa dari berbagai pemain yang berhasil melewati proses naturalisasi dan membela Skuat Garuda. Bisa kita lihat seperti Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen. Kemudian Marc Klok, Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Shayne Pattynama. Serta pemain keturunan terbaru yang akan segera bergabung Maartern Paes, Jens Raven dan Calvin Verdonk.

Nama-nama tersebut merupakan hasil buah pencarian bersama PSSI dan Shin Tae-Yong. Kontribusi terhadap timnas Indonesia dalam mencari pemain berbakat cukup besar.

Fardy Bachdim bersama calon naturalisasi, Calvin Verdonk dan Jens Raven. (Foto: Instagram/Fardy)

Cucu dari Tentara Angkatan Laut Indonesia ini memulai karirnya dengan Prime Sports Business. Fardy melebarkan sayapnya dengan klien yang ia temuinya pada liga Eropa tersebut. Sekiranya mulai dari Liga Belanda, Liga Italia, Liga Belgia, Liga Korea Selatan, Liga Yunani hingga Liga Inggris.

Piawai Negosiasi Pemain Keturunan

Dengan jaringannya tersebut, ia memutuskan untuk membantu PSSI dalam mencari pemain berbakat sesuai kebutuh timnas Indonesia. Sejak awal hadir menjadi agensi dalam penawaran pemain, fardy pandai dalam melakukan negosiasi.

Fardy Bachdim bersama Shin Tae-Yong dan Skuat Garuda. (Foto: Instagram/Fardy)

Bahkan saat pemain naturalisasi Ivar Jenner sebelum memutuskan untuk menaturalisasi dirinya. Ia cukup sulit untuk bergabung dengan timnas Indonesia, tetapi berkat keteguhanya dalam meyakinkan pemain tersebut berbuah manis.

Bergabung dengan dunia sepak bola sudah melekat pada keluarganya. Ayah dari anggota PSSI tersebut merupakan pesepak bola PS Fajar Lawang pada tahun 80 an.

Kehadiranya saat ini dalam dunia sepak bola Indonesia sangat berpengaruh. Karena pria ini tidak hanya membantu timnas senior Indonesia saja. Melainkan, tim U-20 hingga tim U-16 juga menjadi tujuan Fardy.

BACA JUGA:   Tim Indonesia Diharapkan Akhiri Penantian 34 Tahun

Seperti saat ini, ia bersama pelatih tim U-20, Indra Sjafri menemui beberapa pemain diaspora yang berbagung pada klub liga Belanda. Pemain tersebut yaitu

Kini Indra membidik sekiranya Xavi Woudstra (SC Heerenveen U-21), Mauresmo Hinoke (Dordrecht U-21), Jens Raven (Dordrecht U-21), dan Dion Markx (NEC Nijmegen U-21). Pemain ini nantinya akan merumput dengan Garuda Muda, bahkan salah satu pemain akan melakukan naturalisasi yaitu Jens Raven.

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...