FBI Sita Kapal Pesiar Milik Orang Dekat Putin

Forumterkininews.id, Madrid – Pemerintah Amerika Serikat menyita sebuah kapal pesiar besar di Spanyol. Kapal ini diduga milik seorang yang punya hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Hal itu menandai pertama kalinya pemerintah AS menyita kapal pesiar oligarki sejak negara itu membentuk satuan tugas. Dimana satgas ini menargetkan elit Rusia sebagai tanggapan atas invasi Kremlin ke Ukraina .

Detektif FBI dan Penjaga Sipil Spanyol terlihat menyerbu Tango, kapal mewah rancangan Inggris setinggi 254 kaki senilai £ 91,5 juta atau sekitar Rp 1.7 T. Penyergapan ini terjadi di pelabuhan Mediterania Palma de Mallorca, Spanyol, Senin (4/4).

Kapal itu diketahui milik Viktor Vekselberg, (64). Viktor merupakan sekutu dekat presiden Rusia dengan kekayaan bersih lebih dari £6,4 miliar yang mencakup minyak, pertambangan, dan teknologi. Dia adalah salah satu oligarki paling menonjol di antara ratusan orang Rusia yang diberi sanksi Inggris atas invasi Putin ke Ukraina. Asetnya saat ini telah dibekukan di Inggris dan AS.

Ini adalah penyitaan AS yang pertama sejak Jaksa Agung Merrick Garland dan Menteri Keuangan AS Janet Yellen membentuk satuan tugas. Dimana satuan tugas itu dikenal sebagai REPO – kependekan dari Russian Elites, Proxies and Oligarchs – sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina .

Artikel Terkait