Fidel Ramos Wafat, Presiden Filipina Ucapkan Belasungkawa

Forumterkininews.id, Manila – Kabar duka datang dari Filipina. Mantan Presiden Fidel Valdez Ramos meninggal dunia pada hari Minggu kemarin waktu setempat. Presiden Filipina yang baru terpilih, Ferdinand Marcos Jr pun ucapkan belasungkawa.

Ramos menjadi pahlawan bagi banyak orang karena membelot dari pemerintahan Ferdinand Marcos Sr, di mana dia memimpin kepolisian nasional, mendorong kejatuhan diktator selama pemberontakan rakyat 1986 melawan kekuasaannya.

Namun, yang lain tidak akan memaafkan atau melupakan perannya dalam menegakkan darurat militer di bawah rezim Marcos.
Ramos, yang terkenal di tahun-tahun berikutnya karena memegang cerutu yang tidak dinyalakan, menang tipis dalam pemilihan umum yang diperebutkan pada tahun 1992 untuk menggantikan pemimpin People Power Corazon Aquino yang menggulingkan Marcos.

Meskipun ia memperoleh kurang dari 23% suara, Ramos segera disurvei dengan mendapatkan dukungan 66% suara dan kepresidenannya dikenang untuk periode perdamaian, stabilitas dan pertumbuhan.

Meskipun pernah merebut kekuasaan dari tangan sang ayah, tapi Presiden Ferdinand Marcos Jr. yang baru saja terpilih tak sungkan untuk mengucapkan belasungkawanya.

“Keluarga kami berbagi duka dengan rakyat Filipina pada hari yang menyedihkan ini. Kami tidak hanya kehilangan pemimpin yang baik tetapi juga anggota keluarga,” kata putra Marcos itu, dalam sebuah pernyataan.

“Warisan kepresidenannya akan selalu dihargai dan akan selamanya diabadikan di hati bangsa kita yang bersyukur,” tambahnya, sebagaimana diberitakan situs CNN.

Artikel Terkait

Jepang Dilanda Banjir Bandang Tewaskan 6 Orang

FT News – Negeri Sakura dilanda banjir bandang dan...

China Desak Warganya Tinggalkan Israel, Bersiap Serang?

FT News – China mendesak warganya di Israel untuk...

Viral Pendaki Gunung Rekam Detik-detik Dirinya Terperosot Saat Mendaki Gunung

FT News - Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan...

Aktivis Lingkungan Greta Thunberg Dukung Palestina dalam Demonstrasi di Stockholm

FT News - Aktivis lingkungan kondang asal Swedia, Greta Thunberg,...