Finlandia Bolehkan Warganya Jadi Transgender Tanpa Sterilisasi

Forumterkininews.id, Copenhagen- Finlandia akan mengizinkan warganya berganti jenis kelamin mereka (transgender) tanpa menjalani sterilisasi.

Melansir Reuters, ini merupakan sebuah undang-undang baru yang ditandatangani oleh Presiden Finlandia dikonfirmasi pada Jumat, (3/3).

Undang-undang baru Finlandia akan memungkinkan orang di atas usia 18 tahun untuk menentukan jenis kelamin mereka secara sah melalui formulir pernyataan diri.

Yang mana itu dimaksudkan untuk memperkuat perlindungan hak untuk menentukan nasib sendiri dan untuk mengurangi diskriminasi, kata kementerian urusan sosial dan kesehatan .

“Pemeriksaan medis dan sterilisasi tidak lagi diperlukan untuk mengubah jenis kelamin seseorang secara legal,”tambah keterangan itu.

Pada hari Jumat, Presiden Finlandia Sauli Niinisto meratifikasi undang-undang baru yang akan mulai berlaku pada 3 April.

Republik Ceko, Latvia, dan Rumania saat ini mewajibkan individu untuk menjalani sterilisasi sebelum mengubah jenis kelamin mereka secara legal, menurut Transgender Europe (TGEU).

Sementara itu, Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa memutuskan pada tahun 2017 bahwa mensyaratkan sterilisasi agar seseorang dapat mengubah jenis kelamin pada akta kelahirannya merupakan pelanggaran hak asasi manusia.

Artikel Terkait