Fix! Sederet Negara Ini Rayakan Lebaran  pada 2 Mei

Forumterkininews.id, Jakarta – Penentuan Hari Raya Idul Fitri biasanya dilihat dari munculnya hilal. Di Indonesia sendiri, biasanya pemerintah akan menggelar sidang isbat sebagai penentu kapan Hari Raya Idul Fitri.

Lalu, bagaimana dengan negara lain ? Kapan mereka akan merayakan Idul Fitri? mengingat tahun ini ada dua hari yang ditandai sebagai Idul Fitri yakni 2 dan 3 Mei.

India

Di India, hari ke-29 Ramadhan akan jatuh pada hari Minggu, 1 Mei 2022, yang merupakan hari Minggu pertama di bulan Mei. Jika hilal terlihat Minggu malam. Maka Idul Fitri 2022 dirayakan pada 2 Mei. Dengan asumsi hilal terlihat pada Minggu malam. Sebaliknya, jika hal itu tidak terjadi, maka libur akan diperingati pada 3 Mei 2022.

Meskipun Idul Fitri dirayakan pada hari pertama Syawal dalam kalender Islam, ini tidak selalu sesuai dengan hari yang sama dalam kalender Gregorian. Awal setiap bulan Hijriah lunar berbeda tergantung pada kapan bulan baru diamati oleh pejabat agama setempat di wilayah tertentu.

Pakistan

Pemerintah Pakistan mengumumkan jadwal liburan Idul Fitri dimulai pada 2 Mei (Senin). Pengumum ini sudah ditetapkan pemerintah Pakista pada hari Selasa (26/4).

Perdana Menteri Shehbaz Sharif menyetujuinya, dan liburan akan dimulai pada 2 Mei dan berlangsung hingga 5 Mei (Kamis).

Menurut sumber, ringkasan liburan tiga hari diberikan oleh perdana menteri, tetapi dia akhirnya memutuskan liburan empat hari sebagai gantinya.

Arab Saudi

Menurut media pemerintah Saudi, Mahkamah Agung Arab Saudi telah meminta warga dan penduduk Kerajaan mencari bulan sabit Syawal 1443 pada malam Sabtu, 29 Ramadhan 1443. Tanggal ini bertepatan dengan 30 April 2022.

Selain itu, menurut sumber, sidang luar biasa Mahkamah Agung akan bersidang dan mempertimbangkan pada Sabtu (30/4) malam setelah salat Isya.

BACA JUGA:   Comeback, Penyanyi IU Akan Gelar Konser Bulan September
Negara- negara Afrika

Sesuai dengan 29 Ramadhan 1443H kalender Islam, Kementerian Kehakiman UEA dan otoritas agama di Qatar, Kuwait, Bahrain, Yordania, Maroko, Muscat, Yaman, Sudan, Mesir, Tunisia, Irak, Suriah , Palestina dan negara-negara Teluk lainnya, mengeluarkan imbauan terpisah pada hari Jumat  (29/4).

Mereka serentak meminta penduduk setempat untuk melihat bulan sabit Syawal pada Sabtu malam yaitu 30 April 2022 setelah sholat maghrib guna memutuskan apakah 2 Mei akan ditetapkan sebagai Hari Raya  Idul Fitri.

Artikel Terkait

Jimi Hendrix Gitaris Paling Ikonik Sepanjang Masa Versi Billboard

FT News - Jimi Hendrix dinobatkan sebagai gitaris paling...

Pandji Lelang Trading Card Almarhum Babe Cabita Untuk Anak Pasien Kanker

FT News - Komika Pandji Pragiwaksono melalang trading card...

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...