‘Frugal Living’, Adrian Maulana: Saya Senang Naik KRL

FTNews – Frugal living menjadi perbincangan netizen jagat maya. Pasalnya, artis Adrian Maulana menjadi sorotan karena memilih menggunakan transportasi umum dalam bekerja.

Dalam sosial media Instagramnya, Adrian menagini anggapan itu. Dia bercerita telah menggunakan transportasi umum untuk bepergian sejak 2019.

“Sejak 2019 saya senang naik MRT pulang pergi kantor. Bahkan, sejak 2022 saya senang naik KRL karena jarak rumah ke stasiun yang cukup dekat,” tuturnya dalam instagram.

Kendati demikian, frugal living yang Adrian terapkan tidak luput dari cibiran netizen, karena ia lebih memilih transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi.

“Tapi ada yang bilang ‘Artis kok kere?’. Alhamdulillah saya diberi kecukupan materi tetapi saya menemukan kenikmatan dan kenyamanan menggunakan transportasi publik yang semakin baik. Hemat waktu, hemat biaya, plus sehat karena banyak jalan kaki,” jelasnya.

Pada mulanya dia tidak paham dengan istilah yang disematkan untuknya. Dia belakangan mulai mengetahui bahwa istilah itu berkaitan dengan memilih hidup sederhana, tidak berlebihan, dan tetap seimbang.

“Frugal living adalah bentuk dari rasa syukur. Serta sikap merasa cukup dengan apa yang sudah diberikan Allah. Baik itu materi, keluarga, dan kesehatan,” katanya.

Cara Terapkan Frugal Living

Menutip Psychology Today, untuk mendapatkan hidup ideal dengan kebahagiaan, keamanan finansial, dan kebahagiaan, beberapa poin ini dapat kamu terapkan:

  • Menghemat pengeluaran uang dengan melakukan pekerjaan rumah sendiri
  • Menghemat biaya transportasi dengan menggunakan kendaraan umum, berjalan kaki, atau bersepeda
  • Berusaha melakukan sesuatu sendiri daripada mempekerjakan orang lain atau membeli mesin untuk melakukannya
  • Menghemat pengeluaran uang dengan tidak mengonsumsi zat berbahaya
  • Menghemat uang dengan menanam beberapa sayuran dan buah-buahan di halaman rumah
  • Alihkan olahraga yang tidak terlalu menantang, berirama, aerobik, dan tidak perlu mengeluarkan uang

Artikel Terkait