Ganasnya Topan Talim Bikin Warga China dan Vietnam Mengungsi

Forumterkininews.id, Beijing- Puluhan ribu orang telah meninggalkan rumah mereka di China selatan dan Vietnam saat Topan Talim melanda wilayah itu, memicu peringatan banjir dan pembatalan ratusan penerbangan hingga kereta api.

Administrasi Meteorologi China mengatakan bahwa Topan Talim, topan keempat tahun ini, menderu ke pantai provinsi Guangdong sekitar pukul 22:20 waktu setempat pada Senin malam, membawa angin maksimum 136,8 km per jam ( 85 mph).

Melansir Aljazeera, sebagai antisipasi, otoritas China telah memerintahkan penutupan puluhan tujuan wisata pesisir.

Sejauh ini  11 kapal penyelamat, lima helikopter, 46 kapal penyelamat, dan delapan tim penyelamat darurat juga bersiaga untuk mengevakuasi kemungkinan adanya korban jiwa.

Sementara di Vietnam, pihak berwenang mengatakan bahwa mereka bersiap untuk mengevakuasi sekitar 30.000 orang dari daerah yang diperkirakan paling parah terkena dampak yakni di provinsi Quang Ninh dan Hai Phong.

“Talim mungkin menjadi salah satu yang terbesar yang menghantam Teluk Tonkin dalam beberapa tahun terakhir”, kata komite tanggap bencana Vietnam dalam pernyataan online.

Artikel Terkait